Harga Daging Ayam Turun, Peternak Menjerit

Harga Daging Ayam Turun, Peternak Menjerit
Harga Daging Ayam Turun, Peternak Menjerit

jpnn.com - PONTINAK - Dalam sepekan terakhir harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional mengalami penurunan. Harganya berkisar antara Rp19 ribu bahkan bisa menyentuh Rp17 ribu perkilogram.

Turunnya harga ayam tersebut mengancam para peternak lokal Kalimantan Barat. ”Sudah hampir sepekan harga daging ayam potong turun. Kita merasa kasihan dengan para peternak lokal Kalbar,” ungkap Suryaman, Ketua I Asosiasi Agribisnis Perunggasan (AAP) Kalbar, kemarin di Pontianak.

Menurut dia, turunnya harga ayam jelas merugikan para peternak lokal. Pasalnya tidak sedikit modal harus dikeluarkan hanya untuk menutupi keseimbangan harga daging ayam di pasaran.

"Itu yang menjadi buah pemikiran kita. Stok ayam banyak dan harga harus turun. Semestinya tetap stabil,” ujarnya.

Katanya stok daging ayam belakangan memang banyak masuk ke pasar-pasar di Pontianak. Sejak Iduladha lalu harga daging ayam tidak mengelami kenaikan. Harganya biasa bahkan cenderung turun. ”Sebelum Idul Adha harganya turun antara Rp1.000-2.000 di tingkat pedagang eceran,” ujarnya.

Katanya harga daging ayam potong sebelum Idul Adha tidak tinggi. Untuk jenis ayam kecil dengan berat antara 1-1,2 kilogram dijual Rp25 ribu per kilogram. Sementara ayam kategori besar dengan berat 1,2 sampai 2 kilogram ke atas dijual Rp27.000 per kilogram. Hanya belakangan kembali menurun antara Rp19-17 ribu per kilogram. ”Ini menakutkan bagi kami pedagang,” tuturnya.

Suryaman juga sempat meminta sebelumnya kalau ayam potong jenis boiler asal Kalimatan Tengah tidak sedikit merambah ke pasar-pasar tradisional di Kalbar. Kemungkinan ayam dari luar Kalbar ini yang membuat harga daging ayam lokal turun drastis.

“Ayam dari Kalteng tidak diperbolehkan karena izin karantina dan peternakan hewan tidak ada. Ayam-ayam tersebut diprediksi masuk ke Kalbar melalui jalur tikus dari jalur darat tanpa pemeriksaan lembaga berwenang. Kita banyak info dan keluhan para peternak. Dan kemungkinan juga ayam-ayam ini yang membuat harga ayam lokal jatuh,” ujarnya.

PONTINAK - Dalam sepekan terakhir harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional mengalami penurunan. Harganya berkisar antara Rp19 ribu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News