MenPAN-RB Klaim Tes CPNS 2013 Berjalan Mulus

MenPAN-RB Klaim Tes CPNS 2013 Berjalan Mulus
Suasana tes CPNS di Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, tes kompetensi dasar (TKD) CPNS tahun 2013 yang diikuti 1.612.854 peserta berjalan mulus. Para peserta tes terdiri dari  963.872 pelamar umum, dan 648.982 peserta dari tenaga honorer kategori dua (K2).

“Saya optimis pelaksanaan tes ini berlangsung sesuai dengan rencana, karena Panselnas sudah sejak jauh-jauh hari melakukan persiapan,” ujarnya di Jakarta, Minggu (3/11).

Disebutkan, honorer K2 yang mengikuti tes terdiri dari 86.351 orang untuk kementerian/lembaga, dan 562.631 tersebar di hampir seluruh provinsi, kabupaten/kota. Dari jumlah itu, pemerintah menyiapkan kuota 30 persen atau sekitar 216 ribu  untuk diangkat menjadi CPNS. Selain TKD, pada hari yang sama tenaga honorer K2 juga mengikuti tes kompetensi bidang.

Sementara untuk pelamar umum yang dipanggil mengikuti tes, sebanyak 210.109 peserta diantaranya tersebar di 21 kementerian/lembaga. Sedangkan 753.763 orang memperebutkan 40 ribu formasi yang telah ditetapkan di 256 pemerintah daerah.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Soetrisno mengatakan, tes kompetensi bidang bagi tenaga honorer K2 terdiri dari bidang kesehatan, pendidikan, dan administrasi umum.

Kepala BKN yang juga Ketua Pelaksana Panitia Seleksi Nasional CPNS 2013 ini menambahkan, setelah selesai tes maka seluruh LJK akan dikirim ke tempat pengolahan hasil tes di suatu tempat khusus, yang steril. “Panselnas dibantu oleh konsorsium PTN dan tim quality assurance (QA),” ujarnya di sela-sela peninjauan tes CPNS Kementerian Kesehatan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Minggu pagi. (esy/jpnn)


JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, tes kompetensi dasar (TKD) CPNS tahun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News