Cegah Penyakit di Musim Hujan

Cegah Penyakit di Musim Hujan
Waspadai penyakit yang mengintai di musim hujan. Getty Images

jpnn.com - Musim hujan mulai menghampiri Ibu Kota Jakarta pada bulan November ini. Selain dihadapkan pada banjir, beberapa penyakit juga mengintai kita. Jika tidak berhati-hati menjaga kesehatan, anda bisa jadi akan terkena penyakit di musim hujan seperti Infeksi saluran pernapasan (ISPA), diare, hingga batuk dan pilek.

Berikut ini adalah saran dan tips antisipasi dari seorang dokter di kawasan Jakarta Barat, dr. Leny Christy Tahun seperti yang disampaikan kepada JPNN.com mengenai beberapa penyakit yang sering menyerang pada musim hujan :

1. Infeksi saluran pernapasan (ISPA). Menurut dr. Leny, penyebab ISPA dapat berupa bakteri dan virus. Gejala utamanya berupa batuk dan demam. Namun, jika tidak segera diobati bisa terjadi sesak napas dan nyeri dada.

Untuk mengantisipasi ini, anda harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan berolahraga dan mengonsumsi vitamin C.  Jika perlu, kita bisa memakai masker saat sedang di tempat umum sehingga bisa mencegah penularan virus.

2. Diare. Penyakit ini rentan menyerang tubuh saat musim hujann. Terutama ketika curah hujan tinggi dan mengotori sumber air minum kita. Untuk mengantisipasinya, biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan. Pastikan merebus air minum hingga mendidih dan tidak membeli makanan serta minuman di sembarang tempat.

"Jangan lupa jaga kebersihan lingkungan rumah anda terutama selokan dan tempat sampah. Selokan yang kotor dan tersumbar berpotensi membawa parasit cacing," kata dr. Leny.

Selalu kenakan alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit yang bisa masuk melalui kulit.

Perbanyak konsumsi makanan sehat dan vitamin untuk menjaga kondisi tubuh.

Musim hujan mulai menghampiri Ibu Kota Jakarta pada bulan November ini. Selain dihadapkan pada banjir, beberapa penyakit juga mengintai kita. Jika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News