Presiden Dapat Penghargaan dari Federasi Insinyur ASEAN

Presiden Dapat Penghargaan dari Federasi Insinyur ASEAN
Presiden Dapat Penghargaan dari Federasi Insinyur ASEAN

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima Medali Kehormatan Patron (Honorary Patron Medal) dari Organisasi Insinyur-Insinyur ASEAN (The Asean Federation of Engineering Organizations /AFEO) di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/11). Penghargaan diserahkan oleh Chairman AFEO, Bobby Gafur Umar. Presiden SBY menyambut baik penghargaan tersebut. Selain merasa terhormat, Presiden juga merasa dituntut tanggungjawabnya.

"Oleh karena itu tanggung jawab saya untuk menyebarluaskan peran dan sumbangan para insinyur dalam pembangunan di ASEAN," kata Presiden dalam sambutannya.

SBY adalah orang kedua yang memperoleh medali kehormatan Patron itu. Sebelum ini, medali serupa telah diberikan kepada PM Kamboja, Hun Sen. Dia menerima penghargaan karena dinilai telah melakukan berbagai upaya pembangunan sumberdaya manusia dibidang Engineering dan Technology. Khususnya dalam bentuk pembangunan institut teknologi baru, setelah sekian lama tidak ada pembangunan institut teknologi, yaitu  ITERA di Lampung, Sumatera dan ITEKA di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Saat ini AFEO tengah menyelenggarakan Konferensi tahunan Insinyur ASEAN yang bernama Conference of ASEAN Federation of Engineering Organizations (CAFEO)  ke-31 di Jakarta, Indonesia.  Konferensi diselenggarakan pada 11-12 November 2013 di Jakarta Convention Center. Konferensi dihadiri para insinyur dari negara-negara ASEAN – Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina, Laos, Vietnam, Kamboja, dan Myanmar.

SBY menilai tema konferensi “ASEAN Community Countries on Green Infrastructure Implementation” sangat tepat, sejalan dengan arah ASEAN yang kini menuju Masyarakat ASEAN pada 2015.

"Kita hanya punya waktu 2 tahun lagi, oleh karena itu kita harus bergerak cepat. Saya yakin melalui filosofi green-infrastructure, masyarakat ASEAN dapat mempertahankan tahap pembangunan ekonomi, dan pada saat yang sama  menjaga kesehatan secara keseluruhan ekosistem sosial dan alam," kata dia.

Dalam sambutannya, SBY juga menyatakan optimismenya negara-negara ASEAN siap memasuki  Komunitas ASEAN 2015, mengingat dalam beberapa tahun terakhir, ASEAN telah mencapai kemajuan luar biasa. Ia yakin AFEO akan membantu untuk terus memajukan ASEAN. (flo/jpnn)

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima Medali Kehormatan Patron (Honorary Patron Medal) dari Organisasi Insinyur-Insinyur ASEAN


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News