Muhaimin Ajak Investor Asing Berinvestasi

Muhaimin Ajak Investor Asing Berinvestasi
Muhaimin Ajak Investor Asing Berinvestasi

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengajak perusahaan-perusahaan asing agar menanamkan investasi yang lebih besar di Indonesia sehingga bisa membantu mengurangi pengangguran dan memperluas lapangan pekerjaan.

Para investor asing tidak perlu khawatir dengan perkembangan situasi dunia ketenagakerjaan di Indonesia. Karena fenomena penguatan serikat pekerja/serikat buruh merupakan hal lumrah dalam iklim demokrasi yang sedang berkembang di Indonesia saat ini.

Hal tersebut dikatakan Muhaimin ketika menerima kunjungan audiensi sekitar 20 perusahaan PMA (Penanaman Modal AsIng) di Indonesia yang tergabung dalam US-ASEAN Business Council Inc di Jakarta, Senin (11/11).

“Pemerintah secara terbuka mengajak perusahaan asing untuk berinvestasi lebih besar di Indonesia.  Investasi asing bisa membantu pergerakan sector riil, menunjang pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja baru," kata Muhaimin.

Muhaimin mengatakan investasi asing yang masuk ke Indonesia harus ditingkatkan sebagai salah satu strategi pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran yang semakin bertambah di akhir tahun. Peluang-peluang pencipataan lapangan pekerjaan baru bisa terwujud dengan bertambahnya arus investasi dari luar negeri.

“Penciptaan lapangan kerja baru membutuhkan kehadiran investor untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya produktivitas kerja. Oleh karena itu, hubungan industrial yang kondusif dan harmonis menjadi syarat agar investor tertarik dan membuka investasi baru,” kata Muhaimin.

Selain itu, lanjut Menteri asal PKB itu, perusahaan asing maupun perusahaan dalam negeri harus membuka dialog yang lebih kondusif dengan para serikat pekerja dan serikat buruh sehingga dapat mencari solusi yang win-win solution dalam menyelesaikan setiap permasalahan ketenagakerjaan.

Dijelaskannya, dalam rangka meningkatkan penyerapan penganggurna dan penciptaan lapangan kerja, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan lima pilar aksi penciptaan kesempatan kerja yang diimplementasikan pada tahun ini melalui program penciptaan kesempatan kerja satu juta netto.

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengajak perusahaan-perusahaan asing agar menanamkan investasi yang lebih besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News