Wali Kota Kesennuma, Jepang Kunjungi Presiden SBY

Wali Kota Kesennuma, Jepang Kunjungi Presiden SBY
Wali Kota Kesennuma, Jepang Kunjungi Presiden SBY

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima kunjungan kehormatan Wali Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi, Jepang, Shigeru Sugawara, di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/11).  Kunjungan Sugawara itu untuk memenuhi undangan Presiden SBY  2011 lalu. Dalam pertemuan itu Sugawara menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan Pemerintah Republik Indonesia (RI) bagi korban  bencana tsunami di Jepang, pada 11 Maret 2011 lalu.  Kepada SBY, Sugawara mengungkapkan pemanfaatan dana bantuan RI, dan menjelaskan proses rekonstruksi Kota Kesennuma pascatsunami.

“Ini saya bertemu Presiden untuk melaporkan pemulihan di sektor Miyagi khususnya di Kesennuma. Hari ini kami diterima di sini, kami merasa terhormat,” ujar Sugarawa  dalam jumpa pers usai berjumpa Presiden.

Dua tahun lalu, Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono mengunjungi lokasi bekas bencana tsunami di tepi Teluk Kesennuma, Shichiori, Prefektur Miyagi, Jepang, Sabtu. Kepada Wali Kota Sugawara, SBY kala itu menyampaikan duka dan salam simpati dari anak-anak Indonesia, terutama anak-anak Aceh, kepada anak-anak Kesennuma dan Jepang pada umumnya.

Ini adalah kunjungan Sugawara yang pertama kali ke Indonesia sejak bencana gempa dan tsunami yang melanda Jepang Timur pada tanggal 11 Maret 2011. Kesennuma merupakan salah satu kota terparah terkena hantaman tsunami.

“Yang dilaporkan pada pertemuan tadi terutama tentang pemulihan perumahan di sana. Kami sedang membangun 2.200 perumahan dan perumahan setelah bencana itu. Target kami 2016 selesai,” sambungnya.

Saat menerima tamu kehormatannya itu, Presiden SBY didampingi oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, dan Ketua UKP4 Kuntoro Mangkusubroto. (flo/jpnn)


JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima kunjungan kehormatan Wali Kota Kesennuma, Prefektur Miyagi, Jepang, Shigeru Sugawara,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News