276 SSB Ikuti Seleksi Gothia Cup Swedia

276 SSB Ikuti Seleksi Gothia Cup Swedia
Ketua PSSI Djohar Arifin (tengah) dan Direktur Kompetisi Liga Grassroots Kreasia, Bregas Harapan Rochadi (kiri) dalam acara konferensi pers di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (15/11). Foto: Zulhakim/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Sebanyak 276 Sekolah Sepakbola (SSB) di Indonesia dipastikan ambil bagian dalam Liga Grassroots Kreasia (LGK) Under-12 musim 2013-2014.  Kompetisi ini dimulai dengan seri wilayah yang digelar 20 kota di Indonesia.

Nantinya, 20 tim terbaik dari setiap wilayah  yang akan diadu pada LGK seri nasional di Jakarta Mei 2014 mendatang. Pemenang seri nasional akan berhak mewakili Indonesia pada Gothia Cup di Gothenburg, Swedia 2014 mendatang.

Kompetisi yang kini memasuki tahun ketiga ini sendiri telah dibuka lewat seri wilayah Denpasar dan Bandung sejak 20 Oktober lalu.  Selanjutnya Pekanbaru pada 10 November, kemudian Lombok, Medan, Lampung, Bogor Depok Bekasi (Bodebek) Semarang dan Samarinda serentak pada 24 November.  Surabaya, Tangerang, Manado dan Makassar menjadi wilayah terakhir yang memulai kompetisi ini pada 8 Desember.

‘’Kami harap seluruh seri wilayah akan selesai  akhir Maret 2014,’’ ujar Bregas Harapan Rochadi, Direktur Turnamen LGK dalam press conference  di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (15/11) sore.

Jumlah tim peserta tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti  183 SSB.  Sementara itu 20 juara di masing-masing wilayah akan  mulai bertanding untuk memperebutkan juara nasional mula 18-25 Mei mendatang.

Bregas menjelaskan, untuk tahun ini  pemain yang akan mewakili Indonesia ke Swedia tidak hanya diambil dari tim pemenang. Namun, sejumlah pemain terbaik yang terpilih pada akhir seri nasional mendatang akan diikutsertakan. Hal ini untuk mensiasati padatnya jadwal kompetisi di Gothia Cup dan yang membutuhkan banyak pemain berkualitas merata di semua lini.

Terkait kompetisi ini, Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin memberikan dukungannya.  Menurutnya liga-liga seperti ini sangat membantu PSSI dalam mencari bakat-bakat terbaik terutama dari kelompok umur. Terlebih, PSSI telah berkomitmen untuk melakukan pembinaan atlet muda dengan mengikuti semua kompetisi resmi  internasional yang akan digelar baik oleh FIFA, AFC maupun AFF.

‘’PSSI memberi dukungan penuh. Kita  berterimakasih pada Kreasia Grup.  Kita salut pada orang-orang muda ini,’’  ujarnya di lokasi yang sama.

JAKARTA - Sebanyak 276 Sekolah Sepakbola (SSB) di Indonesia dipastikan ambil bagian dalam Liga Grassroots Kreasia (LGK) Under-12 musim 2013-2014.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News