Gempa 6,2 SR Guncang Halmahera

Gempa 6,2 SR Guncang Halmahera
Gempa 6,2 SR Guncang Halmahera

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melaporkan terjadinya gempa bumi berkekuatan 6,2 (SR) Selasa (19-11) pukul 20:32:53 WIB  Pusat gempa berada di laut  pada koordinat 2,62 LU dan 128,42 BT ada kedalaman 11 Km.

"USGS (Badan Geologi Amerika) mencatat gempa 6,3 SR, kedalaman 63,6 km," kata Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Selasa malam.

Dia menyebutkan pusat gempa tersebut terletak 30 kilometer barat laut Pulau Morotai, Maluku Utara atau 140 km timur laut Halmahera Barat, Maluku Utara. Namun gempa itu tidak berpotensi tsunami.

"Gempa berasal dari terusan Megathrust Philipina. Berdasarkan analisis peta guncangan gempa (shakemap) di wilayah pesisir utara Pulau Morotai, gempa berintensitas VI MMI atau kuat," ujarnya.

Selain itu, beberapa daerah di Kecamatan Morotai Utara seperti Kelurahan Hapo, Sopi, Ici Sopi, dan Pangeo memiliki intensitas gempa VI MMI yang artinya guncangan gempanya kuat.
 
Di Kota Halmahera gempa dirasakan  sedang sekitar 2 detik. Masyarakat di Halmahera tidak panik. Hingga saat ini BPBD setempat belum dapat informasi dari Kec Morotai Utara karena kondisi wilayah yang aksesnya terbatas dan pesisir dari Pulau Morotai menyebabkan kendala memperoleh informasi secara cepat.

"Kita belum ada laporan kerusakan dan korban. BPBD Kab. Pulau Morotai masih melakukan pendataan," pungkasnya. (Fat/jpnn)


JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melaporkan terjadinya gempa bumi berkekuatan 6,2 (SR) Selasa (19-11) pukul 20:32:53 WIB 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News