Warga Ahmadiyah Bakal Dibuatkan e-KTP

Warga Ahmadiyah Bakal Dibuatkan e-KTP
Warga Ahmadiyah Bakal Dibuatkan e-KTP

jpnn.com - MATARAM-Warga Ahmadiyah yang tinggal di Asrama Transito, Majeluk, Mataram, bakal dibuatkan KTP elektronik (e-KTP) di Kota Mataram. Itu merupakan tindak lanjut rapat koordinasi di Provinsi NTB.

”Ini bukan kaitan karena Ahmadiyah. Mereka ini masuk kategori penduduk rentan. Aturan kemanusiaan memang harus dibuatkan tanda penduduk,’’ terang Sekda Kota Mataram HL Makmur Said di ruang kerjanya.

Dari pendataan yang telah dilakukan, ada 71 warga yang bakal mendapat e-KTP. Namun, untuk pembuatan e-KTP bagi jemaat Ahmadiyah, Pemkot Mataram tetap akan menunggu surat keputusan (SK) resmi dari pemerintah provinsi.

”Soal nanti tinggal di mana, itu kembali ke mereka masing-masing. Tapi untuk pembuatan ini, mereka terdaftar di Kecamatan Mataram,’’ kata Makmur.

Dengan adanya kartu penduduk, lanjut Sekda, mereka yang tinggal di Kota Mataram bisa mendapatkan hak pendidikan, pengobatan gratis puskesmas, maupun bantuan beras miskin. Disarankan, kepada warga Ahmadiyah ini tidak lagi tinggal berkelompok.  ”Supaya tidak ada kesan eksklusif. Itu saja sih yang kita ingatkan,’’ imbuhnya.

Sementara itu Penanggung Jawab Jemaat Ahmadiyah di Asrama Transito, Sahidi mengaku, baru mengetahui informasi akan adanya pembuatan e-KTP bagi mereka dari media. Dia pun menyambut gembira informasi itu. Apalagi sudah tujuh tahun sembilan bulan mereka tanpa kartu identitas. ”Kita senang kalau memang diberikan e-KTP,’’ katanya.

Ditambahkan, ia sendiri memiliki dua anak yang hingga kini tidak memiliki akta kelahiran. Karena salah satu syarat pengurusan akta kelahiran harus menyertakan e-KTP. ”Mengurus kartu keluarga juga kan butuh e-KTP,’’ sambungnya.

Dengan adanya kartu penduduk, kata pria berkumis ini, mereka bisa lebih mudah mengurus kesehatan, surat keterangan miskin, pendidikan anak, dan berbagai keperluan lain. ”Mudah-mudahan  bukan hanya wacana. Bisa terealisasi secepatnya,’’ tandasnya.

MATARAM-Warga Ahmadiyah yang tinggal di Asrama Transito, Majeluk, Mataram, bakal dibuatkan KTP elektronik (e-KTP) di Kota Mataram. Itu merupakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News