Bakrie Bangun Pembangkit Listrik

Incar Pinjaman Jangka Panjang

Bakrie Bangun Pembangkit Listrik
Bakrie Bangun Pembangkit Listrik

jpnn.com - JAKARTA - PT Bakrie and Brothers Tbk (BNBR) merambah bisnis pembangkit listrik dan akan menanam investasi senilai USD 2 miliar atau sekitar Rp 23,46 triliun. Bermitra dengan pemodal asing, induk dari mayoritas kelompok usaha Bakrie itu tengah mengincar pinjaman dengan tenor hingga 20 tahun.

 

Presiden Direktur BNBR Gafur Sulistyo Umar mengatakan, pembangkit listrik tersebut akan dibangun di bagian utara Cirebon, Jawa Barat, tak jauh dari Cirebon Power Plant. Kapasitasnya mencapai 2 x 660 megawatt. Bakrie akan menggarapnya melalui anak usaha PT Tanjung Jati Power Company.

"Itu sudah masuk kembali dalam masterplan Rencana Umum Pembangkitan Tenaga Listrik Indonesia (RUPTL), rencana jangka panjang. Ini akan dibangun di Cirebon, pindah dari Tanjung Jati di Jawa Tengah," ujarnya dalam public expose BNBR di Bakrie Tower, Jakarta, kemarin.

Bobby, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa pendanaan atas proyek tersebut sedang diupayakan dari perbankan asing melalui kredit ekspor. Perseroan saat ini tengah menjajaki perbankan di Eropa, Korea, dan Jepang.  

"Semuanya untuk machinery sama equipment itu akan impor. Tapi kita akan optimalkan porsi lokal seperti konstruksi besi baja dan lainnya," sebutnya.

Untuk merealisasikan pembangunan pembangkit, BNBR sudah menguasai lahan seluas sekitar 230 hektar. Dari total investasi senilai USD 2 miliar itu, menurut dia, sekitar 70 persen akan ditutup dari pinjaman perbankan asing. Besarnya pembiayaan dan butuh dana murah secara jangka panjang lebih memungkinkan diperoleh dari luar negeri.

"Di Indonesia ini ada kendala, perbankan di Indonesia sulit sekali ada pembiayaan lebih dari 10 tahun. Dan kita mencari pembiayaan yang sampai 20 tahun," ucapnya.

JAKARTA - PT Bakrie and Brothers Tbk (BNBR) merambah bisnis pembangkit listrik dan akan menanam investasi senilai USD 2 miliar atau sekitar Rp 23,46

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News