500 Menu Ikan Pecahkan Rekor MURI

500 Menu Ikan Pecahkan Rekor MURI
500 Menu Ikan Pecahkan Rekor MURI

jpnn.com - BATUAMPAR--Provinsi Kepulauan Riau memecahkan rekor nasional untuk Sajian Masakan Ikan Terbanyak dalam acara Festival Masakan Serba Ikan Menu Nusantara di Grand Ballroom Hotel Planet Holiday, Kamis (28/11). Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatat ada 500 menu nusantara dari 62 jenis ikan yang tersaji di hari itu.

"Pemegang rekor sebelumnya itu dari APJI (Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia) dengan 400 menu dari 50 jenis ikan," kata Jusuf Nadri perwakilan tim MURI sebelum menyerahkan sertifikat MURI.

Ballroom Hotel Planet Holiday, kemarin memang penuh dengan masakan. Ratusan piring terhampar di meja saji. Beda piring, beda pula masakannya. Wangi rempah telah benar-benar memenuhi udara.

Ada seratus peserta yang ikut andil dalam festival kuliner ini. Mereka datang dari perwakilan PKK kecamatan, hotel dan restoran, juga kelompok pengelola hasil perikanan. Setiap peserta wajib menyajikan lima menu dari bahan ikan. Empat menu dari satu jenis ikan yang ditentukan, seperti misalnya, ikan pasir atau ikan krissi. Setiap peserta mendapat jenis ikan yang berbeda dari peserta lainnya. Dan satu menu sisanya dari bahan ikan bawal bintang.

Menu masakan dari bahan ikan yang ditentukan itu kemudian dipamerkan. Di akhir acara, menu-menu tersebut bebas dicicip. Ada ikan malong yang dimasak rawit hijau. Ada ikan kari yang dimasak dengan jamur. Ada ikan pasir yang dibumbui kecap manis atau juga dibumbu cabai hijau.

Ada pula yang kreatif mengolah gonggong menjadi isian bakpao dan macaroni schotel. Atau dengan ekstrim mengolahnya dengan daun mengkudu yang terkenal pahit.

"Daun mengkudu itu kan sebenarnya bahan obat. Nah, kami ingin masakan ini juga bisa bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya mengenyangkan," kata Asnawati, peserta festival dari Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Perikanan (P2MKP) Merindu.

Selain menyajikan empat menu dari satu jenis ikan, para peserta juga harus membuat satu menu dari bahan ikan bawal bintang. Ikan bawal bintang adalah ikan yang hendak dijadikan ikon ikan dari Provinsi Kepulauan Riau. Menu-menu berbahan ikan bawal bintang inilah yang kemudian diperlombakan.

BATUAMPAR--Provinsi Kepulauan Riau memecahkan rekor nasional untuk Sajian Masakan Ikan Terbanyak dalam acara Festival Masakan Serba Ikan Menu Nusantara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News