Banyuwangi Jawara Otonomi Awards JPIP

Banyuwangi Jawara Otonomi Awards JPIP
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (tengah) menerima penghargaan dalam ajang Otonomi Awards 2013 yang digelar oleh The Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP) di JX International, Surabaya, Sabtu malam (30/11). FOTO: Dipta Wahyu/Jawa Pos

jpnn.com - BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi berhasil menjadi yang terbaik dalam ajang Otonomi Awards 2013 yang digelar oleh The Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP) di JX International, Surabaya, Sabtu malam (30/11).

Kabupaten berjuluk "The Sunrise of Java" ini berhasil meraih penghargaan di kategori pertumbuhan ekonomi, partisipasi publik, serta grand champion kinerja politik. Dengan tiga penghargaan itu, Banyuwangi menjadi penyabet award terbanyak dibanding kabupaten/kota lain di Jatim. JPIP sendiri merupakan lembaga independen yang fokus pada peningkatan kapasitas dan inovasi daerah. Lembaga yang telah mendapat kepercayaan dari banyak pihak ini melakukan pemantauan dan penilaian otonomi daerah sejak 2001.

"Alhamdulillah, berkat masyarakat yang sangat hebat, Banyuwangi bisa meraih Otonomi Awards. Masyarakat Banyuwangi juaranya," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Menurut Anas, tanpa ada sinergi yang baik di antara seluruh elemen, mustahil sebuah program pembangunan bisa dijalankan. Di Banyuwangi, sinergi terus ditingkatkan antar-stakeholders, baik itu tokoh masyarakat, tokoh agama, masyarakat luas, organisasi masyarakat, TNI, kepolisian, hingga birokrasi itu sendiri.

"Kunci sukses pembangunan ada pada kekompakan semua elemen. Saya sebagai kepala daerah hanya menjalankan apa yang sudah menjadi kewajiban saya," kata Anas.

Di internal birokrasi, lanjut Anas, kekompakan terus dipupuk. Antara SDM senior dan muda berpadu membangun Banyuwangi. "Otonomi Awards untuk Banyuwangi ini juga membuktikan betapa kompaknya birokrasi, antara yang senior dan yang muda saling melengkapi," tutur Anas.

Diraihnya penghargaan di kategori pertumbuhan ekonomi, partisipasi publik, dan politik menunjukkan terus meningkatnya kinerja pembangunan di Banyuwangi. Dalam soal pembangunan ekonomi, terlihat kinerja pertumbuhan yang menggembirakan. Tahun 2010, pertumbuhan ekonomi Banyuwangi mencapai 6,22%, di atas pertumbuhan nasional sebesar 6,1%. Tahun 2011, ekonomi Banyuwangi tumbuh 7,02%, jauh melampaui pertumbuhan nasional sebesar 6,5%. Pada 2012, pertumbuhan Banyuwangi mencapai 7,27%, juga melampaui pertumbuhan nasional sebesar 6,23%.

Anas mengatakan, pihaknya konsisten membangun infrastruktur, memproteksi dan membangkitkan usaha kecil menengah, mendorong pariwisata, menggerakkan sektor riil, dan menjalin kemitraan dengan swasta. "Private partnership untuk bersama-sama meningkatkan kualitas ekonomi lokal," jelasnya.

BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi berhasil menjadi yang terbaik dalam ajang Otonomi Awards 2013 yang digelar oleh The Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News