Fadli Sadama Kabur ke Malaysia Gunakan Perahu Nelayan

Fadli Sadama Kabur ke Malaysia Gunakan Perahu Nelayan
DITANGKAP: Fadli Sadama, napi kasus terorisme yang kabur dari LP Tanjung Gusta Medan, 11 Juli 2013, ditangkap di Malaysia. Pemerintah Malaysia telah mendeportasi Fadli ke Indonesia. Foto: BAYU PUTRA/JAWA POS

jpnn.com - JAKARTA -- Pelarian narapidana teroris yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, Fadli Sadama bin Muhammad (29), berakhir di negeri jiran Malaysia.

Fadli yang kabur saat rusuh di Lapas pada Senin 8 Juli 2013 silam itu sempat berpindah-pindah ke beberapa tempat selama pelariannya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar menerangkan bahwa setelah kabur dari Lapas, Fadli lari ke daerah perkebunan kelapa sawit di Martubung Medan, Sumut tak jauh dari kawasan pemakaman.

Menurut Boy, di sana Fadli dijemput oleh saudaranya dan menginap selama dua minggu. Setelah itu, Fadli pindah ke rumah temannya selama seminggu.

Sepekan kemudian, Fadli kembai lagi ke rumah saudaranya selama dua minggu. "Lalu pergi ke Aceh ke tempat rekannya satu bulan," tegas Boy di Divisi Humas Mabes Polri, Rabu (4/12).

Selepas dari Aceh, Boy melanjutkan, Fadli kembali ke Medan untuk melarikan diri ke Malaysia melalui Tanjung Balai lewat jalur laut.

"Dengan menggunakan perahu nelayan menuju Pelabuhan Kuala Selangor, Malaysia dan menetap di Jinjang Selatan," kata Boy.

Pada 20 November 2013, Fadli berhasil ditemukan di sebuah rumah milik warga Malaysia yang sebelumnya Warga Negara Indonesia, di Kuala Lumpur. Kemudian, pada 27 November 2013 dibawa oleh petugas Polri ke Jakarta.

JAKARTA -- Pelarian narapidana teroris yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, Fadli Sadama bin Muhammad (29),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News