Peringatan Milad GAM Diwarnai Suara Tembakan

Peringatan Milad GAM Diwarnai Suara Tembakan
KIBARKAN BENDERA ACEH- Peringatan Milad GAM ke-37 pada 4 Desember 2013, di wilayah Pase Aceh Utara- Lhokseumawe, diwarnai pengibaran Bendera Bulan Bintang yang merupakan Bendera Aceh. Foto: Armiadi/Rakyat Aceh

jpnn.com - LHOKSEUMAWE - Peringatan Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-37 pada 4 Desember 2013, di wilayah Pase Aceh Utara-Lhokseumawe, diwarnai dengan suara rentetan senjata, pada pukul 00.00 dini hari.

Seperti terdengar di kawasan Bukit Indah Muara Satu, Kota Lhokseumawe, suara tembakan berdurasi 2 menit.

Akibatnya,  warga setempat menjadi terkejut dan trauma dengan letusan rentetan yang menyerupai senjata api tersebut. Diduga kuat, suara itu untuk memperingati Milad GAM ke-37 tahun 2013.

“Suara rentetan senjata api jelas terdengar saat memasuki pukul 00.00 dini hari. Kami merasa was-was dan trauma,”ucap seorang warga yang enggan namanya dipublikasi kepada Metro Aceh (Grup JPNN), kemarin.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Joko Surachmanto, saat dikonfirmasi menyatakan, letusan rentetan itu bukan suara senjata api, melainkan suara mercon atau petasan.

“Saya sudah cek kepada anggota di lapangan, suara itu bukan letusan senjata api, tapi hanya suara mercon saja,”terangnya.

Sebut dia, kebetulan saja warga merasa trauma dengan suara seperti itu dan diharapkan kepada masyarakat tidak perlu takut. “Secara umumnya peringatan itu berjalan lancar dengan doa bersama, seperti di Makam Malikussaleh Geudong, di Mesjid Paloh Muara Satu, Dewantara dan sejumlah lokasi lainnya,”ucap Kapolres Lhokseumawe.

Menurutnya, pantauan anggota dilapangan kegiatan 4 Desember itu berjalan lancar  tanpa adanya kendala yang berarti. “Intinya, semua kondusif seperti kegiatan di Makam Malikussaleh dan sejumlah lokasi lain,” ungkapnya.

LHOKSEUMAWE - Peringatan Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-37 pada 4 Desember 2013, di wilayah Pase Aceh Utara-Lhokseumawe, diwarnai dengan suara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News