Bayi Nyaris Tewas Akibat Perawat Salah Suntik Obat

Bayi Nyaris Tewas Akibat Perawat Salah Suntik Obat
Bayi Nyaris Tewas Akibat Perawat Salah Suntik Obat

jpnn.com - LANGSA--Dugaan malpraktek terjadi dan menimpa seorang bayi hingga nyaris tewas, akibat muntah-muntah dan lemas serta perut kembung. Hal ini dialami korban, setelah seorang perawat akademi kebidanan (akbid) yang masih praktek lapangan di rumah sakit tersebut, asal-asalan menyuntikkan obat kepada pasien.

Kepada Metro Aceh, Mariana (39) warga Gampong Merandeh, Langsa Lama menceritakan peristiwa dialami sang anak pada Kamis (5/12) siang,   saat ditemui di ruang rawat inap anak RSUD Langsa.

"Kejadian itu berawal saat anak saya yang masih berusia 34 hari, menderita penyakit GE/mencret dirujuk ke RSUD Langsa dari dokter praktek. Kami pun masuk untuk perawatan intensif dengan infus pada Rabu (4/12) malam sekira pukul 19.50 Wib. Namun jam 11 malam, masuk seorang mahasiswa perawat yang sedang melakukan praktek di RSUD ke ruangan.

Ia lalu meminta supaya anak kami diberi injeksi obat Naritidin 50 mg dan Naufalgis 45 mg atas perintah perawat bakti berinisial CM," terang ibu korban. Bahkan sebelum obat diberikan, Marianna sempat bertanya berulang kali kepada pelaku. Apa benar obat tersebut buat anaknya.

"Dia ngotot kalau obat itu tepat buat anak saya. Kemudian, memasukan cairan suntik ke infus," sebut Mariana.

Lanjutnya, namun alangkah terkejutnya dia, selang beberapa menit usai injeksi obat, tiba-tiba anaknya mengalami kejang-kejang, muntah-muntah, gembung dan lemas hingga saat ini. Karena panik, akhirnya dia menanyakan ulang perihal obat dan melihat map tugas perawat,

"Ternyata obat tersebut bukan buat anak saya, tapi pasien lain. Ini namanya malpraktek karena kesalahan yang fatal, Lihat kondisi anak saya saat ini lemas dan muntah-muntah terus," tegas Mariana lagi yang juga bekerja sebagai perawat kesehatan.
 

Menurutnya, selain kesalahan injeksi obat, perawat bakti itu juga melanggar instruksi dokter Nursal yang hanya menyuruh untuk melakukan infus saja, tapi ternyata dia (perawat-red) memberi obat suntikan yang berakibat fatal seperti ini.
"Ironisnya lagi, ketika kami tanya, perawat berinisial CM itu malah tidak terima dengan perlakuannya tersebut. "Silahkan kakak mau melapor ke mana, saya siap," sebut Mariana kesal menirukan ucapan perawat CM.

LANGSA--Dugaan malpraktek terjadi dan menimpa seorang bayi hingga nyaris tewas, akibat muntah-muntah dan lemas serta perut kembung. Hal ini dialami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News