IOC Ancam Coret Keanggotaan India

IOC Ancam Coret Keanggotaan India
IOC Ancam Coret Keanggotaan India

jpnn.com - LONDON - Posisi India dalam keanggotaan Komite Olimpiade Internasional (IOC) terancam. IOC mengancam mendepak India dari keanggotaan, pasca-kasus korupsi yang membelit para pejabat di Asosiasi Olimpiade India.

"India menghadapi kemungkinan sanksi dikeluarkan dari keanggotaan  IOC kecuali mereka memecat para pejabat yang terlibat korupsi dalam badan olimpiade nasional negara itu," ujar Ketua IOC. Thomas Bach seperti dilansir indiatimes, Sabtu (7/12).

Bach mengatakan IOC siap mencabut keanggotaan negara berpenduduk terbanyak kedua di dunia itu jika tidak memenuhi “aturan permainan” paling lambat Selasa (10/12) mendatang. Jika India sampai dikeluarkan, maka itu akan menjadi yang pertama setelah 40 tahun sejak Afrika Selatan dikeluarkan dari IOC akibat kebijakan diskriminasi ras di negara yang pernah dipimpin Nelson Mandela itu. .

IOC tahun lalu menangguhkan keanggotaan India karena intervensi pemerintah dalam  proses pemilihan asosiasi olimpiade di negeri Mahatma Gandhi itu. Meski banyak isu sudah terselesaikan, namun India masih belum mematuhi tuntutan IOC agar memecat para pejabat yang dikenai tuduhan kriminal.

Vonis akhir akan diputuskan IOC dalam pertemuan di Sochi, Rusia, awal Februari, atau sehari sebelum Olimpiade Musim Dingin 2014 digelar. "Pencabutan keanggotaan berarti India tidak lagi memiliki komite olimpiade nasional dan mereka tidak bisa ikut dalam semua acara olahraga IOC," tegasnya.

Dalam beberapa tahun ini, IOC pernah menangguhkan keanggotaan Kuwait, Ghana dan Panama akibat intervensi politik terhadap komite olimpiade di negeri-negeri itu. Tetapi keputusan itu kemudian dipulihkan.(esy/jpnn)

 


LONDON - Posisi India dalam keanggotaan Komite Olimpiade Internasional (IOC) terancam. IOC mengancam mendepak India dari keanggotaan, pasca-kasus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News