Populasi Anjing Capai 50 Ribu Ekor, Waspadai Rabies

Populasi Anjing Capai 50 Ribu Ekor, Waspadai Rabies
Jumlah anjing di Bali terus meningkat. FOTO: Adrian/radar bali

jpnn.com - DENPASAR - Populasi anjing di kota Denpasar telah mencapai 50 ribu ekor. Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Denpasar mengungkapkan, jumlah populasi anjing saay ini adalah yang terbanyak di banding dari tahun-tahun sebelumnya. 

Meski selama 1,5 tahun kasus rabies di Denpasar  belum terjadi, Dinakkanlut tetap meminta masyarakat untuk mewaspadai kontak langsung dengan penular rabies ini. 

Kepala Disnakanlut Kota Denpasar AA Bayu Brahmasta meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran rabies. Apalagi, populasi anjing di Kota Denpasar mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, Brahmasta mengungkapkan, untuk menanggulangi penyebaran virus rabies, pihaknya mengintensifkan vaksinasi kepada anjing-anjing rumah. Selain itu pihaknya juga akan melakukan eliminasi kepada anjing liar. 

"Upaya vaknisasi juga masih diintensifkan dengan memksimalkan tim dokter hewan praktik yang membantu di lapangan," kata Kabid Kesehatan Hewan Disnakanlut Denpasar Suri Urpini. 

Kata Suri, kasus rabies terakhir terjadi pada Mei 2012 lalu. Meski begitu,  Suri mengaku pihaknya belum berani menyatakan Denpasar bebas rabies. Sebab, untuk dikatakan bebas rabies, minimal selama dua tahun tidak ada kasus rabies yang timbul. (dra/mas) 


DENPASAR - Populasi anjing di kota Denpasar telah mencapai 50 ribu ekor. Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Denpasar mengungkapkan, jumlah populasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News