Harapkan Zona Integritas di Polri Percepat Pemberantasan Korupsi

Harapkan Zona Integritas di Polri Percepat Pemberantasan Korupsi
Harapkan Zona Integritas di Polri Percepat Pemberantasan Korupsi

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengapresiasi langkah Mabes Polri membangun zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM). Menurut Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenPAN-RB,  M Yusuf Ateh mengatakan, sebenarnya sudah cukup banyak yang dilakukan kepolisian.

Yunus mengatakan, langkah Mabes Polri telah menetapkan lima satuan kerja sebagai islands of integrity merupakan langkah tepat. “Dengan cara itu, satu sama lain akan berkompetisi untuk menciptakan wilayah bebas dari korupsi,” ujarnya dalam keterangan persnya, Kamis (12/12).

Yunus menambahkan, pembentukan zona integritasmerupakan bagian tak terpisahkan dari reformasi birokrasi. Sebab, zona integritas pada hakekatnya merupakan komitmen untuk memerangi korupsi di lingkungan instansi dimaksud.

Dalam zona integritas, ada 20 kegiatan yang merupakan indikator keberhasilan WBK dan WBBM. Jika 20 indikator itu sudah dilaksanakan dengan baik, maka proses reformasi birokrasi di sebuah instansi dianggap sudah berjalan.

Yunus juga mengatakan, pencanangan zona integritas yang dilakukan Polri merupakan langkah strategis. “Kalau penegak hukum sudah berkomitmen, diharapkan pemberantasan korupsi di tanah air bisa lebih cepat,” tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengapresiasi langkah Mabes Polri membangun zona integritas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News