Seluruh Mata Pelajaran SD Model Tematik

Seluruh Mata Pelajaran SD Model Tematik
Seluruh Mata Pelajaran SD Model Tematik

jpnn.com - CIKARANG  – Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi, Dahroni mengungkapkan, dalam kurikulum baru nanti mata pelajaran (mapel) tingkat Sekolah Dasar (SD) menggunakan pendekatan pembelajaran tematik dari kelas I sampai VI.

Ia menjelaskan, pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.

’’Pembelajaran SD berdasarkan sistem tematik, jadi semua mata pelajaran dijadikan dalam satu tema,” ujarnya.

Dahroni mengatakan, mata pelajaran yang diajarkan di SD adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani, Agama, Kesenian, IPA, IPS, Mulok dan PKn. Semua mata pelajaran ini akan diajarkan dalam satu tema.

’’Misalnya matematika menghitung, jadi belajar menghitungnya bisa dengan mengarang melalui mata pelajaran bahasa Indonesia, bisa menghitung melalui pendidikan jasmani dengan cara berolahraga,” tuturnya.

Ia juga mengatakan penilaian hasil belajar siswa (raport) pada kurikulum baru nantinya akan berbeda dengan sebelumnya. Penilaian pada kurikulum baru tersebut berdasarkan tema dalam kurikulum baru yang ada.

’’Penilaian akan ditentukan dengan sikap, keterampilan, dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan,” ujarnya.(cr15/sam/jpnn)


CIKARANG  – Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi, Dahroni mengungkapkan, dalam kurikulum baru nanti mata pelajaran


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News