Kemendikbud Siapkan Skenario Perpanjangan Waktu BSM

Kemendikbud Siapkan Skenario Perpanjangan Waktu BSM
Kemendikbud Siapkan Skenario Perpanjangan Waktu BSM

jpnn.com - JAKARTA - Batas penyaluran bantuan siswa miskin (BSM) ditutup Selasa (17/12). Evaluasinya penyaluran BSM dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ke Bank Pembangungan Daerah (BPD) selaku penyalur sudah tuntas 100 persen. Tetapi di lapangan penyaluran BSM mampet di BPD, sehingga berpotensi merugikan keluarga miskin yang menjadi sasaran.

Kondisi terkini penyaluran dana BSM itu menjadi pembahasan pokok dalam rapat kerja Mendikbud Mohammad Nuh bersama Komisi X (bidang pendidikan) DPR Senin lalu (16/12). Dalam rapat yang berlangsung hingga larut itu, Kemendikbud menerima banyak laporan tertulis tentang tersendatnya penyaluran dana BSM dari anggota dewan.

Usai rapat Nuh menuturkan bahwa pada prinsipnya sistem penyaluran dana BSM sudah berjalan dengan baik. "Dari kami (Kemendikbud) ke BPD sudah seratus persen. Antara alokasi anggaran dan serapan atau penyalurannya sudah persis sama," ujar menteri asal Surabaya itu.

Dia membenarkan bahwa ada dana BSM yang sampai sekarang belum diterima masyarakat sasaran. Tetapi jumlahnya tidak banyak. "Jumlah pastinya belum direkap, tapi sekitaran ratusan ribu. Sedangkan jumlah siswa sasaran BSM itu belasan juta anak," katanya.

Rincian dana BSM yang dikelola Kemendikbud adalah disalurkan untuk 8,5 juta anak SD dengan satuan biaya Rp 450 ribu/siswa/tahun. Kemudian BSM jenjang SMP dialokasikan untuk 4 juta siswa dengan satuan biaya Rp 750 ribu/siswa/tahun. Dan jenjang SMA untuk 1,87 juta siswa dengan satuan biaya Rp 1 juta/siswa/tahun.

Nuh mengatakan akan mengecek langsung ke seluruh BPD di Indonesia terkait penyaluran dana BSM itu. Dia menuturkan bahwa sudah menerbitkan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) kepada seluruh BPD. Dengan terbitnya surat tersebut, diaberharap pencairan BSM yang saat ini sudah ada di kantong BPD tidak tersendat.

"Kita akan mengecek ke lapangan. Kenapa bisa terlambat. Padahal dari Kemendikbud sudah tersalurkan seluruhnya," katanya.

Dalam rapat dengan DPR itu, muncul dugaan bahwa amburadulnya pencairan dana BSM ini terjadi karena intervensi pihak luar. Misalnya banyak kepentingan politik praktis yang menunggangi pencairannya. Misalnya ada kandidat calon legeslatif yang meneliking BPD supaya bisa ikut mencairan dana BSM kepada masyarakat. Motivasinya adalah mendongkrak elektabilitasnya di daerah pemilihan masing-masing.

JAKARTA - Batas penyaluran bantuan siswa miskin (BSM) ditutup Selasa (17/12). Evaluasinya penyaluran BSM dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News