Abdurrahman Saleh jadi Bandara Internasional

Abdurrahman Saleh jadi Bandara Internasional
Abdurrahman Saleh jadi Bandara Internasional

jpnn.com - SURABAYA - Para pengguna angkutan pesawat di Jawa Timur bagian selatan sebentar lagi tak perlu jauh-jauh menuju ke Bandara Juanda, Surabaya jika ingin bepergian. Hal itu menyusul ditetapkannya Bandara Abdurrahman Saleh, Malang sebagai bandara Internasional. Dengan begitu, bandara kebanggaan "kera ngalam" alias arek Malang itu akan segera dibangun.   

Kepastian tersebut diungkapkan Gubernur Jatim Soekarwo kemarin (17/12) di Gedung Negara Grahadi setelah penyerahan DIPA kepada 38 bupati/wali kota. ''Besok (hari ini, Red) saya akan menandatangani MoU (memorandum of understanding) dengan KSAU terkait Abdurrahman Saleh,'' katanya.

Langkah itu memang harus dilakukan karena selama ini Bandara Abdurrahman Saleh adalah bandara militer yang dikelola TNI-AU. "Semua sudah sepakat. Tinggal teken saja, kemudian langsung dibangun,'' ucap orang nomor satu di jajaran pemerintahan Jatim tersebut.

Menurut dia, pengembangan itu sangat penting. Terutama melayani penumpang dari Blitar, Kediri, dan kota-kota di pantai selatan lainnya. ''Bayangkan, seorang penumpang dari Malaysia yang ingin ke Kediri turun di Surabaya. Kan terlalu jauh,'' ujarnya.

Selain itu, Soekarwo melontarkan ide menarik lainnya. Nanti Bandara Abdurrahman Saleh tidak dikelola PT Angkasa Pura I, melainkan oleh badan usaha yang dimiliki Pemkab Malang dan Pemprov Jatim. ''Regulasinya memang mensyaratkan harus dikelola badan usaha. Tapi, tak harus PT Angkasa Pura I, kan? Bagaimana kalau pemkab?'' ucapnya.

Menurut Soekarwo, tidak ada kendala tertentu terkait pengelolaan tersebut. "Yang berbeda hanyalah dari Kementerian Keuangan. Karena, nanti pembangunan berupa bantuan keuangan. Skemanya memang agak beda, tapi harus seperti itu,'' tutur pejabat kelahiran Madiun tersebut.

Soal pembangunan fasilitas, sarana, dan prasarana Abdurrahman Saleh, Soekarwo mengatakan tidak ada masalah. Bahkan, DED (detail engineering design) pengembangan Bandara Abdurrahman Saleh sudah nyaris kelar. ''Semuanya pasti memenuhi standar internasional,'' paparnya.

Dia mencontohkan runway yang setidaknya akan diperpanjang hingga 3.000 meter. Lalu, fasilitas penunjang lainnya sebagai bandara internasional juga akan disiapkan. ''Pokoknya, nanti tidak kalah dari Juanda. Tapi, saya belum tahu persisnya seperti apa dan bakal menelan anggaran berapa. Yang penting adalah MoU dulu,'' tegasnya.

SURABAYA - Para pengguna angkutan pesawat di Jawa Timur bagian selatan sebentar lagi tak perlu jauh-jauh menuju ke Bandara Juanda, Surabaya jika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News