312 Kada-Wakada Tersangkut Hukum, Tersangka Akan Dinonaktifkan

312 Kada-Wakada Tersangkut Hukum, Tersangka Akan Dinonaktifkan
312 Kada-Wakada Tersangkut Hukum, Tersangka Akan Dinonaktifkan

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat, hingga saat ini  terdapat 312 kepala daerah, wakil kepala daerah dan mantan kepala daerah yang tersangkut kasus hukum sejak pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung digelar 2005 silam.

Jumlah tersebut sudah termasuk penetapan status tersangka Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah dan Gubernur Riau, Rusli Zainal oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Dari jumlah 312, sebanyak 270 kepala daerah dan mantan kepala daerah  ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan tindak pidana korupsi," ujar Mendagri Gamawan Fauzi di Jakarta, Selasa (24/12).

Mengingat jumlah yang begitu besar, Gamawan menyambut baik usulan sejumlah kalangan yang menilai perlunya revisi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah (Pemda).

Terutama revisi pasal 30, yang mengatur syarat penonaktifan kepala daerah dari jabatan, agar tidak lagi dilakukan setelah berstatus terdakwa. Namun sudah dapat diberlakukan pada saat berstatus tersangka. Karena dikhawatirkan sangat mengganggu jalannya pemerintahan di daerah.

"Dalam revisi UU Nomor 32 tahun 2004, itu semangatnya pemberantasan korupsi. Jadi pas tersangka langsung dinonaktifkan. Itu (pasal yang mengatur terdakwa baru dinonaktifkan, red) akan revisi," katanya.

Berikut rincian kepala daerah, wakil kepala daerah dan mantan kepala daerah yang tersangkut kasus hukum sejak tahun 2005-2013.

Tahun 2005, 0 (gubernur), 40 (bupati), 7 (wali kota). Tahun 2006, 5 (gubernur), 25 (bupati), 6 (wali Kota).

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat, hingga saat ini  terdapat 312 kepala daerah, wakil kepala daerah dan mantan kepala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News