Tidak Memenuhi Passing Grade Otomotis Gagal jadi CPNS

Tidak Memenuhi Passing Grade Otomotis Gagal jadi CPNS
Tidak Memenuhi Passing Grade Otomotis Gagal jadi CPNS

jpnn.com - JAKARTA - Para pelamar CPNS yang mendapatkan kode tidak memenuhi passing grade (TMP) dan memenuhi passing grade (MP) pasti penasaran apakah lulus atau tidak. Secara nasional menurut Plt Karo Hukum dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Otok Kuswandaru, TMP berarti kurang beruntung atau gagal CPNS. Namun kode MP juga belum berarti beruntung. Sebab, meluluskan atau tidak adalah kewenangan pemda yang menentukannya sesuai formasi.

"Pelamar yang mendapati kode TMP itu tandanya kurang beruntung sehingga perlu mencoba di seleksi penerimaan CPNS berikutnya," kata Otok yang dihubungi JPNN, Kamis (26/12).

Untuk peserta yang memenuhi passing grade, nasibnya di antara lulus dan tidak. Artinya, bila sesuai formasi yang disiapkan pemda dan kuotanya terpenuhi, pesertanya bisa lulus CPNS. Sebaliknya, bila formasi yang tersedia sedikit dan peserta yang MP lebih banyak otomatis pesertanya jadi kurang beruntung.

"Peserta yang memenuhi passing grade yang kurang beruntung bisa jadi beruntung bila, peserta rangking di atasnya mengundurkan diri. Sehingga rangking di bawahnya bisa naik ke atas. Hanya saja itu harus melalui berbagai prosedur untuk membuktikan apakah yang bersangkutan benar-benar mundur. Apalagi ini menyangkut nasib orang," bebernya. (esy/jpnn) 

JAKARTA - Para pelamar CPNS yang mendapatkan kode tidak memenuhi passing grade (TMP) dan memenuhi passing grade (MP) pasti penasaran apakah lulus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News