Yakin Guru Kewalahan Terapkan Kurikulum 2013

Yakin Guru Kewalahan Terapkan Kurikulum 2013
Ketua Umum PB PGRI, Sulistyo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum PB PGRI, Sulistyo, mengkritisi kurikulum 2013 yang secara bertahap implementasinya bakal diperluas tahun 2014 mendatang.

Menurutnya, kurikulum yang disusun sederet para ahli itu memang tampak gagah tapi banyak bolongnya.

"Kurikulum yang disusun tanpa persiapan matang menjadikan kurikulum 2013 ini tampak gagah tetapi bolong di sana-sini," kata Sulistyo saa konferensi pers Refleksi Akhir Tahun Pendidikan Nasional PB PGRI, di Jakarta, Jumat (27/12).

Menurut Legislator asal Jawa Tengah itu, Kurikulum 2013 yang dikemas dalam sebutan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), ditambah  pendekatan tematik integratif untuk SD yang butuh pemahaman dan perubahan paradigma mengajar para guru, hingga penilaian proses dan hasil pembelajaran, menjadikan Kurikulum baru itu tak lugas sehingga sukar dimengerti para guru.

Apalagi, katanya, pelatihan guru yang tidak disiapkan dengan baik menimbulkan banyak pertanyaan terkait dengan kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.

"Bagaimana kesiapan bahan dan proses pelatihan? Bagaimana dengan data guru dari Dapodik yang amburadul? Pengalaman pelatihan tahun 2013, data Dapodik tidak menunjukan akurasi yang tepat, dan banyak guru yang kalang kabut," ujar Sulistyo mempertanyakan.

Belum lagi masalah kekurangan guru yang dialami di banyak daerah untuk tingkat sekolah dasar.  Guru akan mengalami kesulitan penilaian secara holistik di kelas karena jumlah siswa sangat besar dibanding guru. Karena itu PGRI meragukan Kurikulum 2013 berjalan optimal tahun depan. (Fat/jpnn)

 


JAKARTA - Ketua Umum PB PGRI, Sulistyo, mengkritisi kurikulum 2013 yang secara bertahap implementasinya bakal diperluas tahun 2014 mendatang. Menurutnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News