Manfaat Kurikulum 2013 Mulai Terasa

Siswa Lebih Berkembang, Maksimalkan Otak Kanan

Manfaat Kurikulum 2013 Mulai Terasa
Manfaat Kurikulum 2013 Mulai Terasa

jpnn.com - MALANG – Terlepas dari kontroversi yang mewarnai penerapan Kurikulum 2013, SDN Sukoharjo 2 adalah salah satu di antara sekolah yang merasakan manfaat kurikulum baru tersebut.

Di sekolah yang berlokasi di Jalan Martadinata ini, baik siswa maupun guru mengaku mendukung terhadap implementasi kurikulum tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala SDN Sukoharjo 2, Dra Heriyani, secara eksklusif kepada Malang Post (Grup JPNN).

“Di Kurikulum 2013 ini, cara berpikir siswa lebih berkembang. Di sanalah peran guru untuk mendampingi seraya mengarahkan mereka,” tutur Heriyani.

Menurut wanita berjilbab itu, kemerataan Kurikulum 2013 lebih dirasakan manfaatnya dibandingkan sistem belajar dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dipilah-pilah.

Guru dapat menjelaskan satu tema dengan banyak materi sekaligus. Misalnya, materi ekonomi dalam transaksi jual beli yang dapat dikaitkan dengan materi geografi bahkan pendidikan karakter sekaligus.

“Saat menjelaskan tentang transaksi, kita selipkan materi kejujuran, saling bantu dan menabung. Itu yang terpenting, sebab amanat Kurikulum 2013 adalah menata karakter siswa,” ujar Heriyani menambahkan.

Hal itu, menurut pendapat Heriyani, adalah upaya yang baik untuk mempersiapkan siswa menuju jenjang pendidikan selanjutnya hingga kehidupan luar yang lebih kompleks.

Terkait pengetahuan tentang lingkungan dan ketuhanan, siswa tidak pernah dilepaskan dari materi agama. Terlebih lagi, dalam Kurikulum 2013 ini, durasi untuk mata pelajaran agama ditambah dibanding tahun lalu.

MALANG – Terlepas dari kontroversi yang mewarnai penerapan Kurikulum 2013, SDN Sukoharjo 2 adalah salah satu di antara sekolah yang merasakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News