Cara Sederhana Mencegah Kanker Prostat

Cara Sederhana Mencegah Kanker Prostat
Cara Sederhana Mencegah Kanker Prostat

jpnn.com - SEIRING bertambahnya usia pria, gangguan prostat bisa saja terjadi, termasuk risiko kanker prostat. Meski begitu, kanker prostat bisa dicegah dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat, salah satunya adalah makan lebih banyak tomat dan mengurangi konsumsi daging merah.

Berdasarkan sebuah studi, peneliti menganalisis informasi yang dikumpulkan dari hampir 46.000 pria selama 25 tahun. Mereka yang melakukan lima atau enam dari kebiasaan itu berisiko 39 persen lebih rendah terkena kanker prostat yang mematikan, dibanding mereka yang melakukan satu kebiasaan atau tidak sama sekali.

Hasil temuan ini disajikan di European Cancer Congress di Amsterdam. Studi lain yang melibatkan 21.000 pria menemukan penurunan risiko kanker hingga 47 persen. Enam kebiasaan yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat adalah:

1. Makan lebih banyak tomat
2. Mengurangi asupan daging merah
3. Tidak merokok
4. Olahraga
5. Makan ikan berdaging
6. Memiliki indeks massa tubuh di bawah 30

Tapi, menurut Stacey Kenfield dari University of California, San Francisco yang mempresentasikan hasil studi, efek penerapan keenam hal itu belum dipelajari sebelumnya. Ia mengatakan bahwa ilmuwan tengah mempelajari unsur-unsur yang berperan penting dalam mengurangi risiko kanker.

"Mendorong pria melakukan enam kebiasaan itu akan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan dan mudah-mudahan menurunkan risiko kanker prostat. Data kami menunjukkan bahwa mengadopsi kebiasana ini bisa mencegah sebagian besar kanker prostat yang mematikan," kata Kenfield, seperti dilansir laman Newsmaxhealth, Senin (30/12).

Menurut American Cancer Society, ada 2,5 juta orang yang tinggal di AS terkena kanker prostat. Terkait konsumsi tomat, buah berwarna merah itu mengandung lycopene yakni antioksidan yang bisa menghambat aksi radikal bebas yang merusak sel. Satu dari dua studi mengatakan pria yang melakukan diet berisiko 27 persen lebih rendah. Pada penelitian lain, penurunan risiko hingga 48 persen.

"Gen bisa diibaratkan pistol sedangkan gaya hidup adalah pelatuknya. Pasti ada dampak dari diet terhadap perkembangan kanker prostat itu," kata Axel Heidenreich, direktur urologi di University Hospital Aachen, Jerman.

SEIRING bertambahnya usia pria, gangguan prostat bisa saja terjadi, termasuk risiko kanker prostat. Meski begitu, kanker prostat bisa dicegah dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News