Selasa, 02 September 2014 | 23:50:34
Home / Nasional / Kesehatan / Ini Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

Minggu, 05 Januari 2014 , 10:57:00

JAKARTA - Pemerintah menyatakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk mendaftarkan diri sebagai anggota. Sebelumnya, terhitung 1 Januari 2014, sekitar 116,1 juta jiwa penduduk otomatis menjadi anggota BPJS Kesehatan. Sedangkan bagi yang belum mendaftar dapat dilakukan secara perseorangan maupun melalui perusahaan.

Bagi karyawan swasta, Anda bisa mendaftar melalui perusahaan tempat Anda kerja. Kemudian perusahaan mendaftarkan ke kantor Askes yang sekarang sudah berganti nama jadi BPJS Kesehatan. Bisa melalui kantor cabang yang ada di provinsi, kabupaten, maupun kota. 

Perusahaan kemudian membayar iuran sebesar yang sudah ditentukan pemerintah ke bank yang ditunjuk BPJS Kesehatan, yaitu Bank Mandiri, BNI, dan BRI. Setelah konfirmasi pembayaran, perusahaan akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan untuk karyawannya.

Sedangkan bagi pekerja bukan penerima upah, seperti wiraswasta, investor, petani, nelayan, pedagang keliling, dan lainnya, pendaftaran bisa dilakukan dengan langsung mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Kemudian mengisi formulir dan menunjukkan salah satu kartu identitas, seperti KTP, SIM, KK, atau paspor.

Masyarakat juga bisa menghubungi call center di 500400. Bisa juga melalui internet dan mobile dengan mengakses www.bpjs-kesehatan.go.id. Masyarakat juga bisa mendatangi BPJS Center atau posko BPJS 24 jam yang tersedia di kantor perwakilan dan divisi regional.

Sebelumnya, Direktur Kepesertaan PT Askes Sri Endang Tridarwati mengatakan jumlah yang sudah terdaftar terdiri dari dua kelompok peserta yang dialihkan, yaitu peserta existing Askes Sosial (16,15 juta) Jamkesmas (86,4 juta), TNI dan keluarga (859.216), Polri (793.454), dan Jamsostek (8,4 juta).

Bila mereka belum memegang kartu baru, kata Sri, mereka dapat  menggunakan kartu kepesertaan lama yang saat ini masih dipegang, selama itu masih berlaku.

“TNI/Polri membawa Kartu Tanda Anggota/Nomor Registrasi Pokok, dan eks Jamsostek dapat memperlihatkan kartu JPK Jamsostek lama,” kata Sri dalam laman resmi Sekretariat Kabinet.

Adapun pembuatan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan sedang dalam proses, dan diharapkan pada April 2014 sudah selesai. Demikian pula peserta Askes Sosial dan Jamskesmas bisa menggunakan kartu lama, selama itu masih berlaku.

Untuk yang belum mendaftar, Sri menjanjikan kepengurusan tidak memakan waktu lama. “Hanya 15 menit untuk pendaftaran sampai dapat kartu peserta BPJS,” kata Sri. (flo/jpnn)

Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 02.09.2014,
        23:37
        ferry kurniawan
        Buat yang gak bisa buka link aktivasi di email anda, coba anda buka pakai opera browser terbaru, di setting centang opera turbo, matikan koneksi, buka kembali koneksi anda, trus buka opera web browser anda. Dijamin bisa.
        Tampilan website bpjs sekarang beda dengan yang lama, ada kemungkinan terjadi perubahan sistem oleh orang it bpjs, sehingga mempengaruhi aktivasi notifikasi pendaftaran. Ahli it bpjs sepertinya personel baru. Sabar aja From mobile
      2. 02.09.2014,
        23:07
        Rina
        Link aktivasi pendaftaran tidak bisa dibuka, coba pindahkan email yang ada di spam, pindahkan (move) ke inbox. . Juga kalau notifikasi ke email gmail gagal, coba ganti dengan email yahoo. Semoga membantu. From mobile
      3. 02.09.2014,
        20:58
        Winda
        kenapa notifikasi email na gagal terus ya ??
        tapi katanya datanya tersimpan....
        udh coba dengan email lainnya, juga g mau... 'NOTIFIKASI E-mail Anda gagal'.....

        maksud na apa ne ???? kalo datanya memang tersimpan, mau cex n ricexnya dmn ???? From mobile
      4. 02.09.2014,
        20:04
        heri mursal
        bagai mana daptar bjps on line From mobile
      5. 02.09.2014,
        20:02
        heri mursal
        bagai mana cara mendaptar program bpjs untuk wilayah muara enim sumsel From mobile
      6. 02.09.2014,
        13:43
        nurman
        konyol memang bpjs, ga tau bikin system sekelas apa.. masih kalah sama jualan online.. daftar aja pake acara nyalahin yg daftar padahal systemnya yg bobrok... From mobile
      7. 02.09.2014,
        05:46
        sanan
        bpjs sulit di akses secara online capeeeeee deeeg
      8. 02.09.2014,
        04:50
        sanan
        hidup saya ingin berarti untuk orang banyak agar membantu orang yang dalam keadaan susah untuk merngankan sedikit bebean bagi orang lain
      9. 01.09.2014,
        23:54
        Viona
        'Data Berhasil disimpan. Notifikasi gagal dikirim ke alamat E-Mail anda , mohon Cek kembali alamat E-mail anda dan lakukan kirim Ulang Email melalui Tombol Kirim Ulang E-mail' . Sudah 2 hari begini terus hasilnya, sudah saya coba pakai 3 alamat email yg berbeda pun tetap sama hasil nya gitu terus. mohon perbaikannya. From mobile
      10. 01.09.2014,
        20:01
        marmun
        daftar udah... data juga udah tersimpan, tapi gk ada email balasan From mobile