Jumat, 31 Oktober 2014 | 01:17:20
Home / Nasional / Kesehatan / Ini Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

Minggu, 05 Januari 2014 , 10:57:00

JAKARTA - Pemerintah menyatakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk mendaftarkan diri sebagai anggota. Sebelumnya, terhitung 1 Januari 2014, sekitar 116,1 juta jiwa penduduk otomatis menjadi anggota BPJS Kesehatan. Sedangkan bagi yang belum mendaftar dapat dilakukan secara perseorangan maupun melalui perusahaan.

Bagi karyawan swasta, Anda bisa mendaftar melalui perusahaan tempat Anda kerja. Kemudian perusahaan mendaftarkan ke kantor Askes yang sekarang sudah berganti nama jadi BPJS Kesehatan. Bisa melalui kantor cabang yang ada di provinsi, kabupaten, maupun kota. 

Perusahaan kemudian membayar iuran sebesar yang sudah ditentukan pemerintah ke bank yang ditunjuk BPJS Kesehatan, yaitu Bank Mandiri, BNI, dan BRI. Setelah konfirmasi pembayaran, perusahaan akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan untuk karyawannya.

Sedangkan bagi pekerja bukan penerima upah, seperti wiraswasta, investor, petani, nelayan, pedagang keliling, dan lainnya, pendaftaran bisa dilakukan dengan langsung mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Kemudian mengisi formulir dan menunjukkan salah satu kartu identitas, seperti KTP, SIM, KK, atau paspor.

Masyarakat juga bisa menghubungi call center di 500400. Bisa juga melalui internet dan mobile dengan mengakses www.bpjs-kesehatan.go.id. Masyarakat juga bisa mendatangi BPJS Center atau posko BPJS 24 jam yang tersedia di kantor perwakilan dan divisi regional.

Sebelumnya, Direktur Kepesertaan PT Askes Sri Endang Tridarwati mengatakan jumlah yang sudah terdaftar terdiri dari dua kelompok peserta yang dialihkan, yaitu peserta existing Askes Sosial (16,15 juta) Jamkesmas (86,4 juta), TNI dan keluarga (859.216), Polri (793.454), dan Jamsostek (8,4 juta).

Bila mereka belum memegang kartu baru, kata Sri, mereka dapat  menggunakan kartu kepesertaan lama yang saat ini masih dipegang, selama itu masih berlaku.

“TNI/Polri membawa Kartu Tanda Anggota/Nomor Registrasi Pokok, dan eks Jamsostek dapat memperlihatkan kartu JPK Jamsostek lama,” kata Sri dalam laman resmi Sekretariat Kabinet.

Adapun pembuatan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan sedang dalam proses, dan diharapkan pada April 2014 sudah selesai. Demikian pula peserta Askes Sosial dan Jamskesmas bisa menggunakan kartu lama, selama itu masih berlaku.

Untuk yang belum mendaftar, Sri menjanjikan kepengurusan tidak memakan waktu lama. “Hanya 15 menit untuk pendaftaran sampai dapat kartu peserta BPJS,” kata Sri. (flo/jpnn)

Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 30.10.2014,
        16:25
        sapto kalis widodo
        KOLOM KELURAHAN SUSAH BNGET DI ISI,,,,,,,BGMNA NIE? tulisan nya kyk gni Unknown exception: java.lang.NullPointerException '..mohon petunjuk nya dari pihak bpjs online ? terima kasih From mobile
      2. 30.10.2014,
        08:21
        actefcm
        z9TSAp <a href='hxxp://jsuxuozxdxmg .com/'>jsuxuozxdxmg< ;/a>, [url=hxxp://jwtejitrcjnt.com/] jwtejitrcjnt[/url], [link=hxxp://wttcrdwkkdcq.com/ ]wttcrdwkkdcq[/link], hxxp://jiupaweekcgz.com/ From mobile
      3. 29.10.2014,
        23:11
        albertine yosephine den Dekker bebet
        Bagaimana cara daftar bpjs cara Online. Tp kk n ktp saya sumedang dan kami tinggal ditangerang. Bagaimana caranya dan sy hrus klik ap. Kasih tau donk pak. Terima kasih BPJS From mobile
      4. 29.10.2014,
        11:33
        STEFANUS JEMUDIN
        BGMANA CARA SPY MENDAPATKAN KARTU BPJS KESEHATAN,KRN MSH BYK MASYARAKAT MISKIN DI NUSA TENGGARA TIMUR YG BLM MENDAPATKAN KARTU BPJS KESEHATAN,SEHINGGA BYK MASYARAKAT MISKIN MENINGGAL KRN SAKIT,MAU KE RUMAH SKIT TDK ADA UANG UTK BIAYA,DAN PARA MEDIS MINTA KARTU BPJS KESEHATAN,SYA MINTA TLG BERIKAN SYARAT UTK MENDAPAT KRTU BPJS. From mobile
      5. 29.10.2014,
        09:56
        dewi
        Kolom tgl lahir dan kelurahan susah banget di isi... From mobile
      6. 28.10.2014,
        13:37
        makhrus
        KOLOM KELURAHAN SUSAH BNGET DI ISI,,,,,,,BGMNA NIE,,,,????!!BPJS ONLINENYA KOK KAYAK GINI,,,,,, From mobile
      7. 28.10.2014,
        02:37
        Nike NFL Elite Jerseys
        What you have done in developing, assembling and presenting this program is an absolute phenomenon. You have really inspired me, and I'm determined to follow through because of you. Karen M.
        Nike NFL Elite Jerseys hxxp://www.fdlgroup.co.uk/imag es/topnbaplayer.asp From mobile
      8. 27.10.2014,
        14:22
        sumarmi
        SAYA MAU DAFTAR BPJS-KESEHATAN.GO.ID
        KOK SERING DAPAT KATA/TULISAN :
        Not unique in ID space [Page kepesertaan]: winppk
        dan gak bisa dibuka atau disi biodata tersebut.
        mohon penjelasanNya Trima Kasih pak / ibu From mobile
      9. 24.10.2014,
        20:35
        Herman
        data pengisian saya sudah di input semua dan sdh tersimpan dan masuk dalam email sy, tp begitu mau mengapply lowongan yang dipilih (kota pilihan) tidak bisa terbuka pilihan kota nya? sdh berkali -kali di klik pilihan kota nya tapi tidak bisa terbuka jadi permohonan lowongan pekerjaan ku tidak bisa tersimpan, dan sampai sekarang belum bisa sampai sdh habis waktu pendaftarannya ini hari, tolong di bantu dong gimana caranya??? From mobile
      10. 24.10.2014,
        13:26
        Joseph Dyan Wiratmoko
        Dulu saya menggunakan KJS, karena mau mengubah dengan BPJS coba mendaftar secara on line, ternyata dinyatakan sudah terdaftar. apa yang harus saya lakukan supaya dapat memperoleh kartu BPJS secara online? From mobile