Rahasia Awet Muda dengan Membekukan Sel Kulit

Rahasia Awet Muda dengan Membekukan Sel Kulit
Ilustrasi

jpnn.com - KONON manusia zaman sekarang tak bisa hidup selama orang zaman dulu atau awet muda secara alami karena pola makan orang-orang modern yang cenderung neko-neko, misalnya junk food yang sarat garam dan banyak konsumsi gula. Tapi belakangan peneliti menemukan cara untuk membuat orang awet muda dengan membekukan sel kulitnya.

Menurut tim peneliti di balik prosedur yang diperkenalkan oleh sebuah perusahaan di Singapura ini, sel-sel kulit yang dibekukan dapat mencegah terjadinya proses penuaan. Caranya, setiap calon klien akan diambil sampel sel kulit dan darahnya untuk kemudian keduanya disimpan sebagai versi cadangan dari sel-sel mereka di usia sekarang.

Setelah dibekukan, sel-sel itu nantinya akan diubah menjadi sel punca (stem cell) yang dapat digunakan dalam prosedur operasi peremejaan kulit di masa depan. Dengan dijadikan sel punca, setiap sel dalam tubuh manusia dapat diubah atau ditumbuhkan menjadi berbagai jaringan tubuh yang diinginkan.

Setiap sampel sel kulit dan darah klien akan disimpan di tempat bersuhu ruangan minum 180 derajat Celcius berikut salinannya. Peneliti sendiri telah mempersiapkan tiga 'bank penyimpan sel' di tiga negara, yaitu Singapura, Dubai dan Swiss, terutama untuk memastikan bahwa mereka selalu memiliki 'back-up' sel setiap klien.

Sayangnya dengan biaya yang dipatok mencapai 40.000 poundsterling atau sekitar Rp 700 juta, diprediksi hanya para selebriti dan orang-orang super kayalah yang bisa menikmati prosedur ini.

Prosedur ini pertama kali ditawarkan oleh sebuah perusahaan bernama Scéil. Mereka berjanji akan menyimpan setiap sel klien-kliennya hingga mereka meninggal dunia. Bahkan dalam situs resmi mereka, perusahaan ini pun mendesak calon klien agar segera mendaftarkan diri untuk mengikuti prosedur ini demi mencegah penuaan sel yang mereka alami.

"Kami percaya prosedur ini akan jadi sangat populer di kelas masyarakat tertentu yang punya segalanya tapi tak tahan dengan penuaan," kata pendiri perusahaan induk Scéil yaitu Cellectis, Dr. Andre Choulika, seperti dilansir laman Daily Mail, Minggu (5/1).

"Sama sederhananya dengan back-up komputer yang menjadi rutinitas, maka sebaiknya anda memback-up sel induk anda sekarang, sebelum anda menyesal karena tidak melakukannya di masa depan," pungkasnya.(fny/jpnn)

KONON manusia zaman sekarang tak bisa hidup selama orang zaman dulu atau awet muda secara alami karena pola makan orang-orang modern yang cenderung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News