Modal Rp304 Miliar, Bakrie Kantongi Sebagian Saham Path

Modal Rp304 Miliar, Bakrie Kantongi Sebagian Saham Path
Modal Rp304 Miliar, Bakrie Kantongi Sebagian Saham Path

jpnn.com - JAKARTA - Grup Bakrie bawa modal ke luar negeri. Investasi senilai USD 25 juta atau setara Rp 304 miliar (kurs 12.160) dikucurkan untuk memasuki industri di luar mainstream menjadi salah satu pengendali pada perusahaan jejaring sosial berbasis di San Francisco, Path.

 

Founder dan CEO Path, Dave Morin, seperti dikutip dari recode.net mengatakan dana segar USD 25 juta dari PT Bakrie Global Group menggenapkan total investasi yang dilakukan Path sejak 2011 menjadi USD 65 juta (Rp 790,4 miliar).

Pada 2011 investasi yang dilakukan baru sebesar USD 10 juta dan meningkat menjadi USD 30 juta pada 2012.
    
Meski tidak disebutkan secara detil namun valuasi atau nilai dari perusahaan Path ditaksir sekitar USD 250 juta (sekitar Rp 3,04 triliun). Maka modal yang ditanamkan grup Bakrie itu setara 10 persen dari total nilai perusahaan.
    
Kehadiran Bakrie di Path disebut Morin sesuai ekspektasi karena pihaknya selain mencari pemodal di Amerika Serikat juga mencari mitra strategis di negara berkembang terutama Asia Tenggara.

Secara kebetulan pengguna Path di Indonesia sangat tinggi atau terbesar ketiga mencapai seperempat dari total 23 juta pengguna Path di seluruh dunia. "Bisnis kami di sana (Asia Tenggara) semakin kuat dan orang-orang mengetahuinya," ucap Morin, kemarin.
    
Atas dasar itu belum lama ini Morin berkunjung ke kawasan ini termasuk ke Jakarta. Dalam kesempatan itu dilakukan pertemuan dengan pihak Bakrie untuk membahas rencana kerjasama sebelum transaksi ini akhirnya terjadi.
       
CEO Bakrie Global Group, Anindya Bakrie, mengaku antusias bisa berpartisipasi di perusahaan jejaring sosial yang memfasilitasi penggunanya untuk berbagi foto, video, lagu, informasi dan pesan, itu.

"Kami tertarik untuk berpartisipasi dalam pertumbuhan dan kemajuan Path. Dengan manajemen dan tim lebih solid serta rencana pengembangan yang relevan, Path akan terus menghubungkan lebih banyak masyarakat Indonesia secara lebih personal, penuh makna, dan cara yang produktif," ungkapnya.
       
Bakrie bukan satu-satunya investor bagi Path. Pemodal eksisting lainnya terdiri atas Greylock Partners, Kleiner Perkins, Index Ventures, Insight Venture Partners, Redpoint Venture Partners, dan First Round Capital.
    
PT Bakrie Global Group itu sendiri merupakan perusahaan investasi yang dikendalikan oleh keluarga Bakrie. Perusahaan investasi yang biasa disebut PT Bakrie Global Ventura itu menjadi perusahaan holding yang membawahi perusahaan grup Bakrie lainnya.

Diantaranya tercatat sebagai salah satu pengendali di PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) dengan kepemilikan sebesar 6,87 persen.
    
Akan tetapi holding ini terpisah dengan perusahaan holding grup Bakrie yang membawahi banyak perusahaan Bakrie dari berbagai industri lainnya yaitu PT Bakrie and Brothers Tbk (BNBR).(gen)


Berita Selanjutnya:
Investor Mulai Borong Saham

JAKARTA - Grup Bakrie bawa modal ke luar negeri. Investasi senilai USD 25 juta atau setara Rp 304 miliar (kurs 12.160) dikucurkan untuk memasuki


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News