Tips Sehat di Musim Hujan

Tips Sehat di Musim Hujan
Illustrasi. Getty Images

jpnn.com - MUSIM hujan, dengan suhu yang berfluktuasi, dan udara lembab, sejumlah penyakit mudah menyerang tubuh kita. Apa yang bisa kita lakukan untuk menangkis sakit pada kondisi cuaca seperti itu? Ini sejumlah tips yang disarankan oleh situs Life Hachery.

1. Siapkan pakaian dan perlengkapan khusus, seperti jas hujan, sepatu kedap air, dan payung. Memang terasa repot membawa banyak barang ke mana-mana, maka bila mungkin siapkan juga barang-barang itu di mobil, di kantor atau di sekolah.

2. Konsumsi cukup vitamin C. Memang, khasiat vitamin ini menepis flu masih sedikit diperdebatkan. Tapi, yang pasti, dengan vitamin C yang cukup, antibodi lebih cepat melawan virus flu.

3. Kurangi rokok. Ya, jangan karena alasan dingin kita justru memperbanyak konsumsi rokok. Rokok mengganggu dan memperlemah daya tahan pada sistem pernafasan yang justru pada saat hujan harus dijaga kekuatannya.

4. Kalau kita tidak bisa menghindar dari hujan, maka setibanya di rumah segera mandi dengan air hangat, dan keringkan badan kita. Suhu dingin yang tiba-tiba harus distabilkan agar tubuh kita tetap fit.


5. Terima kasih, Seven Eleven! Atau apapun nama minimarket yang ada di sekita kita. Jika hujan mendadak datang dan kita tak membawa apa-apa, singgahlah. Hangatkan diri, beli makanan atau minuman hangat. Jika hujan reda, lanjutkan perjalanan.

6. Waspadai gejala flu. Ya, flu datang dengan sejumlah gejala. Masuk angin istilahnya. Kita bisa menghalaunya dengan dengan minuman herbal, atau produk suplemen tradisional yang kini banyak sejali jenis dan mereknya.

7. Hirup semangkuk sup hangat. Ini bisa menghangatkan tubuh kita lewat saluran pencernaan kita. Kehangatan itu juga mengerem banyak bakteri yang lebih ganas pada suhu dingin tubuh kita.

MUSIM hujan, dengan suhu yang berfluktuasi, dan udara lembab, sejumlah penyakit mudah menyerang tubuh kita. Apa yang bisa kita lakukan untuk menangkis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News