Empat Truk Penambang Diterjang Banjir Lahar Dingin

Empat Truk Penambang Diterjang Banjir Lahar Dingin
Empat Truk Penambang Diterjang Banjir Lahar Dingin

jpnn.com - MUNGKID-- Banjir lahar dingin Gunung Merapi untuk pertama kalinya di tahun 2014 terjadi kemarin siang. Akibatnya empat buah truk penambang pasir terjebak dan diterjang banjir di Kali Pabelan tepatnya di Dusun Bakalan Desa /Kecamatan Sawangaan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah akibat kerusakan truk-truk itu.

Keempat truk itu masing-masing Nopol AA 1967 GB yang dikemudikan Muhfid, 20, warga Pabelan Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, truk nopol H 1790 ER yang dikendarai Nurkholis, 35, warga Bawen Kabupaten Semarang, dumb truk H 1835 AW yang disopiri Tukinan, 40, warga Kota Salatiga. Kemudian G 1976 yang dikemudikan Faizin, 40.

Keempat truk itu berada di satu lokasi. Hampir semuanya menderita kerusakan yang parah karena seluruh badan truk tertimbun material pasir dan batu.

"Tadi banjir datang itu sekitar pukul 13.20 siang. Kemungkinan besar banjir lokal karena dipuncak merapi hanya gerimis," kata Hendri, Relawan Guruh Merapi, kemarin.

Menurutnya, banjir kemarin berasal dari Kali Tringsing. Sementara hulu sungai pabelan yang lainnya yakni Sungai Apu, Senowo diketahui masih normal.

"Dari hulu Sungai Tringsing ini hanya kisaran 10 menit sampai kesini airnya," kata dia.

Muhfid, 20, salah satu sopir truk mengatakan banjir terjadi dengan cepat. Belum sempat naik ke atas sungai truk yang dikemudikannya sudah terkena material banjir.

MUNGKID-- Banjir lahar dingin Gunung Merapi untuk pertama kalinya di tahun 2014 terjadi kemarin siang. Akibatnya empat buah truk penambang pasir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News