Roy Suryo: Keluhuran Wayang Harus Dijaga

Roy Suryo: Keluhuran Wayang Harus Dijaga
Roy Suryo: Keluhuran Wayang Harus Dijaga

jpnn.com - JAKARTA -  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo memiliki perhatian besar terhadap perkembangan budaya wayang di nusantara. Hal itu ditunjukkan penggemar mobil antik ini dengan ikut meramaikan acara wayang bersama Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger  yang didalangi  Ki Manteb Sudarsono,  di Sitinggil Keraton Surakarta, Senin (13/1/) malam.

Di situ Roy Suryo, Ki Manteb Sudarsono, dan Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger saling bercanda ria dan membaur dengan masyarakat, tanpa lagi harus tersekat dengan status sosial yang disandang. Mereka saling melempar guyonan dan kritikan mengenai situasi terkini yang berkembang.

Ki Manteb  membawakan lakon Bedhah Lokapala, yang mengisahkan mengenai perseteruan Dasamuka dan saudaranya Danapati.

Ki Manteb yang terkenal dengan sabetan wayangnya pun sukses membius penonton, termasuk juga Roy Suryo, dan Gusti Puger untuk tetap bertahan hingga tanceb kayon (akhir pertunjukan).

"Saya berharap kesenian tradisional, khususnya wayang tetap menjadi perekat kesatuan, dan media pencerdasan kehidupan bangsa khususnya pemuda," kata Roy dalam keterangan persnya, Rabu (15/1).

Untuk itu, lanjutnya,  jangan sampai kebudayaan dan kesenian kita malah dipolitisir dan dijadikan ajang kepentingan politik, yang bisa menodai keluhuran nilai budaya itu sendiri. "Keluhuran wayang harus tetap dijaga," ujarnya.

Tak hanya memberikan perhatian terhadap budaya wayang,  Roy juga memberikan perhatian terhadap acara Gerebeg Mulud.

Roy terlihat ikut dalam kegiatan acara Gerebeg Mulud 2014 Keraton Surakarta. Yang diberangkatkan menuju Masjid Agung Surakata.

JAKARTA -  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo memiliki perhatian besar terhadap perkembangan budaya wayang di nusantara. Hal itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News