Delapan Proyek Infrastruktur Selesai Tahun Ini

Delapan Proyek Infrastruktur Selesai Tahun Ini
Delapan Proyek Infrastruktur Selesai Tahun Ini

jpnn.com - JAKARTA - Minimnya infrastruktur selalu menjadi titik lemah perekonomian Indonesia. Namun, ada sedikit kabar gembira karena akan ada delapan proyek infrastruktur besar yang ditargetkan selesai tahun ini.

Wakil Ketua Komisi Keuangan dan Perbankan DPR Harry Azhar Aziz mengatakan, pengembangan infrastruktur memang menjadi kabar gembira bagi masyarakat di daerah maupun calon investor yang ingin masuk ke suatu daerah. "Karena itu, di tahun terakhir pemerintahan periode ini, kami ingin memastikan target penyelesaian proyek itu bisa tercapai," ujarnya kemarin (20/1).

Harry menyebutkan ada delapan proyek infrastruktur skala besar dengan total anggaran senilai Rp 27,16 triliun yang ditargetkan selesai tahun ini. "Jika selesai tepat waktu, infrastruktur ini bisa mendukung aksesibilitas masyarakat dari dan menuju ke wilayah tersebut. Dengan demikian akan mempercepat laju perekonomian daerah," katanya.

Apa saja delapan proyek itu" Pertama, pembangunan jalan tol Gempol"Rembang yang memiliki panjang 14 kilometer (km). Proyek ini diperkirakan menelan dana senilai Rp 7 triliun dan ditargetkan selesai pada Agustus 2014.

Kedua, pembangunan jalan tol Gempol"Pandaan seksi Gempol"Malang dengan panjang 12 km. Biaya investasinya diperkirakan mencapai Rp 6,25 triliun, dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2014.

Ketiga, pembangunan jalan tol Ungaran"Bawean sepanjang 11,9 km, dengan investasi sebesar Rp 6,21 triliun. Proyek ini ditargetkan selesai pada Maret 2014.

Keempat, "pembangunan proyek Waduk Jatigede dengan kapasitas mampu menampung 1 miliar meter kubik air. Investasinya diperkirakan mencapai Rp 4 triliun, dan ditargetkan selesai pada akhir 2014.

Kelima, proyek sistem penyediaan air minum yang menargetkan dimulainya proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di beberapa kota besar di Indonesia. Investasinya diperkirakan sebesar Rp 600 miliar dan ditargetkan selesai pada akhir 2014.

JAKARTA - Minimnya infrastruktur selalu menjadi titik lemah perekonomian Indonesia. Namun, ada sedikit kabar gembira karena akan ada delapan proyek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News