Temukan Berlian Biru Langka di Dekat Pretoria

Temukan Berlian Biru Langka di Dekat Pretoria
Foto: REUTERS

jpnn.com - LONDON - Berlian biru langka ditemukan pada sebuah tambang di Afrika Selatan. Batu mulia berkadar  29,6 karat itu ditemukan perusahaan pertambangan batu mulia, Petra Diamonds di tambang mereka di Cullinan, sekitar 40 km, timur Pretoria, Afrika Selatan.

"Berlian ini adalah salah satu yang luar biasa yang ditemukan Petra di Cullinan," kata sumber di perusahaan itu seperti dilansir BBC, Selasa (21/1).

Temuan terbaru itu diperkirakan akan terjual dengan harga yang tinggi karena termasuk langka. Pada 2013 lalu, Petra Diamonds juga menemukan berlian biru 25,3 karat yang terjual seharga USD 16,9 juta atau sekira Rp 202,9 miliar pada 2013.

"Batu ini berwarna biru cerah dan sangat jernih, serta berpotensi menjadi berlian yang sangat berharga," sambungnya.

Tambang Cullinan telah memproduksi banyak berlian biru berukuran besar yang dianggap sebagai primadona batu berharga. Tambang itu dikelola Petra Diamonds sejak 2008.

Pada 1905, berlian biru Star of Africa yang merupakan berlian terbesar kedua di dunia, juga ditemukan di tambang Cullinan. Batu berbentuk buah pear berkadar 530 karat itu dipersembahkan kepada Raja Edward VII dan menjadi bagian dari permata mahkota Inggris.(esy/jpnn)


LONDON - Berlian biru langka ditemukan pada sebuah tambang di Afrika Selatan. Batu mulia berkadar  29,6 karat itu ditemukan perusahaan pertambangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News