Intensitas Hujan Tinggi, Warga Wasior Was-was

Intensitas Hujan Tinggi, Warga Wasior Was-was
Intensitas Hujan Tinggi, Warga Wasior Was-was

jpnn.com - MANOKWARI - Tingginya intensitas Hujan akhir-akhir ini, membuat cemas warga di Kabupaten Teluk Wondama.  

"Warga takut sungai-sungai yang berada di Kabupaten tersebut akan kembali meluap dan menerjang rumah-rumah warga,"  kata Edu Kamodi, warga setempat, kepada  Radar Sorong (grup JPNN) kemarin.

Di Wondama kata Edu, terdapat sebanyak delapan sungai besar dan kecil. Kedelapan sungai tersebut, masing-masing memiliki potensi untuk hadirnya bencana banjir sebagaimana yang pernah terjadi pada Oktober 2010 silam.

"Bukan hanya air, setiap kali banjir datang, batu-batu besar pun ikut turun sehingga kami sangat kuatir," kata warga kampung Maniwak ini.

Saat ini setiap kali hujan datang, lanjut Edu warga beramai-ramai menyimpan dan segera berlarian mencari tempat  yang aman untuk mereka berteduh dan menghindari ancaman terjangan banjir.

Dijelaskan, meski beberapa waktu lalu pemerintah sudah mulai membangun tanggul di sungai-sungai yang ada namun kata Edu,  hal itu tidak cukup berarti untuk mengurangi potensi meluapnya air sungai.

Menyusul kondisi tersebut Edu mengajak masyarakat Wondama yang saat ini berada di daerah-daerah untuk kembali ke Wondama guna memikirkan kondisi Wondama saat ini.

"Orang-orang yang ada disini sudah tidak mampu, untuk itu saya mengajak orang-orang pintar dari Wondama yang saat ini diluar Wondama untuk pulang dan membangun daerah ini," serunya.

MANOKWARI - Tingginya intensitas Hujan akhir-akhir ini, membuat cemas warga di Kabupaten Teluk Wondama.   "Warga takut sungai-sungai yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News