Cacar Air pada Anak Tingkatkan Risiko Terkena Stroke

Cacar Air pada Anak Tingkatkan Risiko Terkena Stroke
Cacar Air pada Anak Tingkatkan Risiko Terkena Stroke

jpnn.com - MESKI terbilang ringan, cacar air yang terjadi pada anak-anak tidak dapat diremehkan begitu saja. Sebab, cacar air mudah menular dan dapat menimbulkan komplikasi jika tidak cepat ditanggulangi. Bahkan sebuah studi baru menemukan  cacar air dapat memunculkan risiko stroke pada si anak.

Temuan baru itu merupakan hasil pengamatan selama 6,5 tahun atas  rekam medis 49 anak yang pernah mengalami cacar air sekaligus stroke. Peneliti menemukan bahwa anak-anak berpeluang empat kali lebih besar mengidap stroke enam bulan setelah terserang cacar air.

Peneliti menduga virus penyebab cacar air, yaitu Varisela Zoster merusak atau menyebabkan arteri pada si anak meradang, sehingga meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah yang pada akhirnya berujung pada stroke. Lagipula, menurut peneliti, virus cacar air dapat berkembang biak dalam dinding-dinding arteri di otak dan hal ini juga bisa memicu stroke.

Namun National Stroke Association mengatakan serangan stroke pada anak terbilang sangat jarang. Tercatat hanya 6 dari setiap 100.000 anak berusia di bawah 15 tahun yang mengidap stroke setiap tahunnya. Artinya, risiko stroke yang dimiliki seorang anak setelah terserang cacar air dapat dikatakan sangat kecil.

Walaupun begitu, studi baru yang dilakukan tim peneliti dari London School of Hygiene and Tropical Medicine itu memberikan bukti tambahan adanya kaitan antara cacar air dengan stroke. Pasalnya, studi lain yang dirilis pada tahun 2001 juga menemukan 31 persen anak yang mengidap stroke ternyata terserang cacar air setahun sebelumnya.

"Setidaknya studi ini menggambarkan pentingnya imunisasi melawan virus Varicella untuk mengurangi risiko komplikasi dari cacar air, meski kasusnya sangat jarang," kata seorang pakar neurologi dari Nationwide Children's Hospital, Columbus, Ohio Dr. Warren Lo, seperti dilansir laman Dailynewsen, Minggu (26/1).(fny/jpnn)

 


MESKI terbilang ringan, cacar air yang terjadi pada anak-anak tidak dapat diremehkan begitu saja. Sebab, cacar air mudah menular dan dapat menimbulkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News