2035 Penduduk Indonesia Mencapai 305,6 Juta

2035 Penduduk Indonesia Mencapai 305,6 Juta
2035 Penduduk Indonesia Mencapai 305,6 Juta

jpnn.com - JAKARTA - Penduduk Indonesia diproyeksikan akan terus melonjak. Bahkan pemerintah memprediksi di tahun 2035, jumlah penduduk tanah air meninggkat 28,6 persen dibanding tahun 2010. Tahun 2010 jumlah penduduk Indonesia tercatat 237,6 juta jiwa. Dengan begitu pada 2035, jumlah penduduk diperkirakan mencapai 305,6 juta jiwa. 

Oleh karena itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan, negara harus menyediakan kubutuhan dasar rakyat lebih dari jumlah pertumbuhan tersebut.

Hal ini disampaikan Presiden pada acara peluncuran buku Proyeksi Penduduk Indonesia Tahun 2010-2035 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/1). Penyusunan buku dikoordinasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dengan melibatkan Kementerian Kesehatan, Badan Pusat Statistik (BPS), BKKBN, dan UNFPA.

"Meski seolah-olah kenaikannya hanya sekitar 60-an juta jiwa, tapi tidak berarti kebutuhan pangan dan energi juga hanya sekitar 27 persen karena ada pergeseran dari penduduk menegah ke bawah menjadi penduduk golongan menengah atau consuming class yang memiliki kebutuhan lebih besar lagi," kata Presiden dalam pidatonya. 

Ia memperkirakan kebutuhan dasar manusia termasuk pangan, air, dan energi bisa mencapai lebih dari 40 persen.

Presiden dalam hal ini mengajak seluruh perancang pembangunaan, serta pemerintah dan lembaga negara di tingkat pusat maupun daerah untuk pandai dalam merancang masa depan dan ikhtiar untuk mewujudkannya.

Presiden berharap pertumbuhan penduduk Indonesia nantinya diimbangi dengan produktifitas, sehingga dapat memajukan Tanah Air.

"Kita ingin penduduk besar menjadi kekuatan bukan kelemahan, dan negara kita dengan penduduk besar mestinya berkah, bukan musibah," tegasnya.

Buku Proyeksi Penduduk Tahun 2010-2035 memuat data penduduk yang mencakup, antara lain, perkiraan jumlah penduduk, struktur umur penduduk, serta angka kelahiran dan kematian, baik di tingkat nasional maupun provinsi. (flo/jpnn)

JAKARTA - Penduduk Indonesia diproyeksikan akan terus melonjak. Bahkan pemerintah memprediksi di tahun 2035, jumlah penduduk tanah air meninggkat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News