Masuk Rekor Dunia berkat Petir

Masuk Rekor Dunia berkat Petir
Masuk Rekor Dunia berkat Petir

jpnn.com - CARACAS - Nama Zulia, salah satu negara bagian di Venezuela, tercantum dalam Guinness Book of World Records. Pada Selasa (28/1) lalu, Johanna Hessling menyerahkan piagam rekor dunia kepada perwakilan pemerintah.

Wilayah di sebelah barat Venezuela tersebut tercatat sebagai kawasan yang paling sering tersambar petir di dunia. Dalam sejam, petir bisa 20.000 kali menyambar Zulia. Fenomena sambaran petir itu pun langsung tercatat sebagai rekor dunia.

Warga Venezuela menyebut fenomena alam langka tersebut sebagai Catatumbo Lightning. Selama April sampai November, sambaran petir itu membangkitkan badai listrik di muara Sungai Catatumbo di ujung selatan Danau Maracaibo.

Rabu lalu (29/1), media Venezuela menayangkan foto penyerahan sertifikat Guinness Book of World Records kepada Wakil Presiden Jorge Arreaza. Fenomena tersebut kali pertama diungkap pakar lingkungan hidup Erick Quiroga.

Menurut kabar, dia telah mengamati fenomena itu selama 17 tahun. "Ada sekitar 18 sampai 60 sambaran petir per menit di sana," ujarnya kepada Agencia Venezolana de Noticias. (AFP/hep/c14/tia)

CARACAS - Nama Zulia, salah satu negara bagian di Venezuela, tercantum dalam Guinness Book of World Records. Pada Selasa (28/1) lalu, Johanna Hessling


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News