Dana Bansos Kemendikbud Rp 30 Triliun

Siap Bantu Korban Bencana

Dana Bansos Kemendikbud Rp 30 Triliun
Dana Bansos Kemendikbud Rp 30 Triliun

JAKARTA - Dana bantuan sosial (bansos) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sangat besar. Dananya mencapai lebih dari Rp 30 triluin, atau hampir separuh dari anggaran total Kemendikbud. Dana ini di antaranya siap dipakai untuk menangani dampak bencana di sejumlah daerah.

 

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendikbud Haryono Umar menuturkan, dana bansos di Kemendikbud jumlahnya memang sangat banyak. "Tetapi alokasi peruntukannya juga beragam. Diantaranya untuk penanganan pasca bencana," papar Haryono di Jakarta, Sabtu (1/2).

 

Haryono mencontohkan dana bansos Kemendikbud diantaranya sudah disalurkan kepada korban bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya. Selain itu dana bansos Kemendikbud juga sudah disalurkan ke korban letusan gunung Sinabung, kabupaten Karo, Sumatera Utara.

 

Khusus di Jakarta, Haryono sempat meninjau langsung titik-titik genangan banjir. "Banyak sekali masyarakat yang membutuhkan bantuan di Jakarta," kata dia. Diantara yang terkait dengan pendidikan adalah bantuan pengadaan alat tulis kepada para siswa, serta renovasi sekolah-sekolah yang rusak akibat banjir.

 

JAKARTA - Dana bantuan sosial (bansos) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sangat besar. Dananya mencapai lebih dari Rp 30 triluin,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News