Jokowi Janji Bangun 200 Unit Rumah di Cilincing

Jokowi Janji Bangun 200 Unit Rumah di Cilincing
Jokowi Janji Bangun 200 Unit Rumah di Cilincing

jpnn.com - Proses pembangunan kampung deret tengah berlangsung di RT 12/04 Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara. ”Tahun ini kira-kira tambah 200-an lagi rumahnya. Sekarang yang sudah hampir selesai itu 40-an,” ujar Jokowi saat mengunjungi lokasi kampung deret di Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (2/2).

Ketua RT 12/04, Wahid menuturkan, berdasarkan pendataan yang dilakukan, setidaknya ada 230 rumah akan dibangun di kawasan tersebut tahun ini. Jumlah tersebut di luar 41 rumah warga yang sudah dikerjakan lebih dulu sejak awal tahun lalu.

“Masih ada 230 rumah yang yang sudah terdaftar untuk dijadikan kampung deret seperti ini,” katanya.

Rumah yang direnovasi menjadi kampung deret dilakukan bagi mereka yang tinggal di bangunan kumuh. Karena di lokasi tersebut banyak bangunan semi permanen ataupun yang terbuat dari kayu. Dari 41 bangunan yang kini tengah dikerjakan, sebanyak 10 persennya dibangun dengan model bertingkat.

“Kalau yang luas lahannya kecil, ya dibangun tingkat,” kata Wahid.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah membangun kampung deret di Johar Baru, Jakarta Pusat, dengan menggunakan dana bantuan dari program corporate social responsibility (CSR). Tahun ini, Pemprov DKI menargetkan pembangunan kampung deret dengan menggunakan dana APBD.

Kepala Seksi Perencanaan Suku Dinas Perumahan Jakarta Utara, Suhartono menambahkan, dana untuk pembangunan kampung deret dikirimkan langsung ke masing-masing rekening warga yang rumahnya akan diperbaiki. Setiap rumah yang akan diperbaiki menerima dana perbaikan sesuai dengan luas tanah yang ada.
Setiap meter persegi dihargai sebesar Rp 1,5 juta. Namun, pihaknya membatasi setiap rumah hanya bisa diperbaiki seluas 36 meter persegi atau sekitar Rp 54 juta.

Proyek itu, kata Suhartono, sudah mulai dilaksanakan sejak pertengahan Desember 2013. Proyek tersebut dilaksanakan di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Cilincing, Kecamatan Pademangan, Kecamatan Koja dan Kecamatan Penjaringan. Di Kecamatan Cilincing total ada 168 rumah yang dibedah.

Proses pembangunan kampung deret tengah berlangsung di RT 12/04 Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara. ”Tahun ini kira-kira tambah 200-an lagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News