Pascabanjir Bandang, Infrastruktur Manado Digenjot

Pascabanjir Bandang, Infrastruktur Manado Digenjot
Pascabanjir Bandang, Infrastruktur Manado Digenjot

jpnn.com - MANADO – Tiga pekan pascabencana banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang kota Manado 15 Januari silam, Komisi V DPR melakukan kunjungan kerja meninjau lokasi-lokasi yang diterjang bencana.

Di depan para wakil rakyat dari Senayan, Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil menjelaskan sejumlah data, seperti data korban, sebaran kejadian bencana, keadaan kota Manado saat kejadian maupun  pasca kejadian, sampai upaya penanganan darurat yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi.

Dipaparkan juga bantuan yang telah diterima maupun yang telah disalurkan, kebutuhan penanganan pascabencana yang berjumlah total Rp1,7 triliun, serta beberapa perencanaan terkait antisipasi bencana pengembangan, rekonstruksi dan rehabilitasi insfrastruktur.

Terkait putusnya jalur akses Tomohon-Manado, Kansil melaporkan bahwa jalur ini direncanakan akan diadakan pelebaran.

“Dengan perencanaan seperti ini, biaya yang dibutuhkan untuk peningkatan ruas jalan Manado-Tomohon sebesar Rp436 miliar,” ujar Kansil.  

Sedangkan untuk penataan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano, Kansil menjelaskan bahwa akan dibangun Urban Flood Control System Improvement In Selected Cities (lihat grafis) untuk sungai Tondano sepanjang 7,2 km.

“Fokus kegiatan fisik dan pembebasan lahan di seputaran jembatan Megawati sampai simpang lima Tikala-Sawangan (Kampung Ternate), ini sekira 7,2 km,” beber Kansil.

Ketua V DPR Yasti Mokoagouw menjelaskan, kedatangannya bersama rekan-rekannya untuk meninjau langsung. "Nanti akan berkoordinasi dengan instansi terkait dengan pemerintah provinsi untuk menampung aspirasi dan kebutuhan dari pemerintah dalam hal penanggulangan korban dan akan dibawa ke Jakarta untuk segera direalisasikan,” ujarnya.

MANADO – Tiga pekan pascabencana banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang kota Manado 15 Januari silam, Komisi V DPR melakukan kunjungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News