Skripsi Abal-abal, Rp 4 Juta Mahasiswa Tahu Beres

Skripsi Abal-abal, Rp 4 Juta Mahasiswa Tahu Beres
Skripsi Abal-abal, Rp 4 Juta Mahasiswa Tahu Beres

jpnn.com - MALANG - Budaya tidak mau repot di kalangan mahasiswa Malang telah membuka peluang jasa biro skripsi kian lebar. Kini makin banyak saja pihak-pihak yang melirik bisnis jasa pembuatan skripsi abal-abal  di Malang. 

Tarifnya pun variatif. Kalau hanya olah data dengan metode SPSS (statistical package for the social sciences), cukup sediakan Rp 300 sampai 400 ribu. Namun, kalau mahasiswa tahu beres, tarif yang dipatok antara Rp 3 dan Rp 4 juta. 

Jawa Pos Radar Malang (JPNN Group) menemui salah seorang penyedia jasa pembuat skripsi abal-abal. Dia adalah NW, mahasiswa Pascasarjana Universitas Brawijaya. "Untuk skripsi yang terima jadi, harganya sekitar Rp 4 juta," kata perempuan murah senyum yang sudah satu tahun menggeluti jasa pelanggaran akademik tersebut. 

Untuk skripsi yang mahasiswa terima jadi, mahasiswa hanya tinggal melakukan konsultasi ke dosen. Jika ada revisi dan kekurangan referensi, si biro skripsilah yang menangani. 

"Ini lihat, baru ada coret-coretan dari dosen klien saya, ya saya yang ngubah. Tapi, karena abal-abal, ya kebanyakan copy paste," imbuhnya.

Nah dengan begitu, para mahasiswa pemalas tak perlu repot-repot lagi memeras otak untuk mengerjakan skripsi sebelum menjadi sarjana. (riq/cw3/ami/mas)


MALANG - Budaya tidak mau repot di kalangan mahasiswa Malang telah membuka peluang jasa biro skripsi kian lebar. Kini makin banyak saja pihak-pihak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News