Klaim Tabulasi Digital Versi PKS Lebih Maju Dibanding Milik KPU

Suara Total dan Perolehan Caleg Bisa Diketahui dalam 3 Hari

Klaim Tabulasi Digital Versi PKS Lebih Maju Dibanding Milik KPU
Klaim Tabulasi Digital Versi PKS Lebih Maju Dibanding Milik KPU

jpnn.com - JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bakal membuat tabulasi perolehan suara di tiap tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu Legislatif 2014 yang digelar 9 April nanti. Langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya manipulasi suara.

Ketua Tim Pemenangan Pemilu PKS, Syahfan B Sampurna menjelaskan, tabulasi ini dilakukan oleh tim tabulasi nasional DPP PKS. Ada dua metode yang nantinya digunakan untuk melakukan tabulasi ini. Keduanya menggunakan sistem teknologi informasi (TI).

"Pertama dengan SMS. Jadi hasil perhitungan di tiap TPS dikirim melalui SMS ke server milik kita," kata Syahfan di sela-sela acara Election Update ke-4 PKS di Hotel Kartika Candra, Jakarta, Senin (17/2).

Metode kedua adalah dengan memindai (scan) formulir rekap perhitungan suara di TPS yang dikenal dengan Formulir C-1. Hasil pemindaian itu selanjutnya akan diunggah ke website milik DPP PKS.

Dengan sistem ini, lanjutnya, seluruh hasil perhitungan akurat dapat diperoleh dalam waktu tiga hari saja. "Pada pemilu 2014 ini PKS mungkin agak lebih maju bahkan dari KPU pusat soal tabulasi nasional. Dalam tempo paling lambat tiga hari kerja, kita bisa dapat hasil lengkap perolehan suara masing-masing partai dan caleg di semua tingkatan," ujar Syahfan.

Hasil tabulasi tidak hanya bermanfaat bagi PKS dan caleg-calegnya. Sebab, caleg partai lain pun dapat memanfaatkannya untuk memastikan ada atau tidaknya kecurangan dalam perhitungan suara.

"Mudah-mudahan ini jadi pembanding, banyak mereka (caleg partai lain) akan menumpang mengawasi suara mereka karena di partainya belum ada metode tabulasi seperti ini," tandasnya.(dil/jpnn)


JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bakal membuat tabulasi perolehan suara di tiap tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu Legislatif 2014


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News