Pertama Kali Perempuan Jadi Pimred Koran di Arab Saudi

Pertama Kali Perempuan Jadi Pimred Koran di Arab Saudi
Somayya Jabarti. Foto: Al Arabiya

jpnn.com - RIYADH - Untuk pertama kalinya di Arab Saudi ada seorang wanita ditunjuk menjadi pemimpin redaksi surat kabar. Adalah harian berbahasa Inggris, Saudi Gazette yang menunjuk Somayya Jabarti menggantikan pemimpin redaksi saat ini, Khaled Almaeena.

Menurut Almeena, pengangkatan Jabarti didasarkan pada prestasinya sebagai wartawan yang berdedikasi. Dalam tulisan di kolomnya hari Minggu (16/2), Almeena mengatakan pengangkatan ini bukan masalah gender. “Namun karena ia memang pantas mendapatkan peluang ini,” tulisnya.

Sedangkan Jabarti mengatakan pengangkatannya sebagai pemimpin redaksi di Saudi Gazette menunjukkan sebuah terobosan besar.  "Ada retak di atap kaca. Dan saya harap akan menjadi pintu. Inilah yang pertama bagi harian di Saudi. Menjadi wanita pertama Saudi memiliki tanggung jawab ganda," kata Jabarti.

Laman Al Arabiya News menyebut Jabarti bekerja bersama Almeena selama hampir 13 tahun sebagai wakil pemimpin redaksi. "‎Langkah ini akan dilihat oleh wanita-wanita Saudi lain," kata Jabarti.

Di Arab Saudi, hanya ada sedikit perempuan dengan gelar sarjana jurnalistik yang mendapatkan tawaran pekerjaan. Banyak ulama ultrakonservatif di Saudi yang menentang wanita bekerja dengan pria‎. (esy/jpnn)

 


RIYADH - Untuk pertama kalinya di Arab Saudi ada seorang wanita ditunjuk menjadi pemimpin redaksi surat kabar. Adalah harian berbahasa Inggris, Saudi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News