RI Impor Daging Jepang

RI Impor Daging Jepang
RI Impor Daging Jepang

jpnn.com - JAKARTA - Peluang Jepang untuk mengekspor daging sapinya ke Indonesia semakin terbuka lebar setelah mendapat lampu hijau dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian. Meski begitu, pemerintah berjanji hanya akan mengimpor daging sapi kualitas premium dari Jepang seperti jenis Wagyu dan Kobe.

"Saya sebagai mantan Duta Besar Indonesia untuk Jepang melihat banyak peluang (impor) tersebut. Beberapa jenis daging sapi premium dari Jepang seperti wagyu dan kobe cocok untuk mengisi kebutuhan restoran di Indonesia," ujar Menteri Perdagangan, Muhamad Lutfi kemarin (20/2).

Lutfi menegaskan, jika kerjasama perdagangan dengan Jepang itu terwujud naka importasinya lebih diarahkan pada daging kualitas premium.

"Saya yakin itu tidak akan masuk ke pasar tradisional karena harganya sudah pasti mahal. Kita tentu juga akan jaga supaya itu hanya untuk memasok kebutuhan restoran," sebutnya.

Namun mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal ini menampik bahwa impor dari Jepang dimaksutkan untuk menurunkan harga daging nasional. Harga daging sapi saat ini masih di kisaran Rp 91.000 per kilogram, padahal tahun 2012 rata-rata masih Rp 76.000 perkilogram."Impor (daging sapi Jepang) ini kan sedikit," tuturnya.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro mengakui bahwa pemerintah Jepang pernah menyatakan keinginannya untuk mengekspor daging sapi beku ke Indonesia. Apalagi daging Jepang telah dinyatakan bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tanpa vaksinasi."Mereka minta peluang itu (ekspor)," tandasnya.

Pihaknya menyambut baik keinginan Jepang itu, sepanjang memenuhi persyaratan yang berlaku. Syarat tersebut antara lain melalui RPH (rumah potong hewan) yang telah disertifikasi halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan telah diaudit dari aspek teknis oleh Kementan."Selama itu sesuai persyaratan kita terbuka saja," ungkapnya.

Setidaknya, rencana importasi daging premium dari Jepang itu bisa mengurangi volume impor sapi dari Australia. Selama ini Indonesia hanya mengimpor sapi Australia karena harus menjalankan aturan impor berbasis negara (country base).

JAKARTA - Peluang Jepang untuk mengekspor daging sapinya ke Indonesia semakin terbuka lebar setelah mendapat lampu hijau dari Kementerian Perdagangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News