Sejuta Kontainer Bakal Pindah dari Jalur Pantura ke Kereta

Jalur Ganda KA Beroperasi April 2014

Sejuta Kontainer Bakal Pindah dari Jalur Pantura ke Kereta
Sejuta Kontainer Bakal Pindah dari Jalur Pantura ke Kereta

jpnn.com - JAKARTA - Proyek besar jalur ganda (double track) kereta api (KA) Jakarta-Surabaya kian mendekati tahap akhir. Direncanakan, Maret bulan depan, PT KAI mulai melakukan uji coba dengan melintasi jalur baru tersebut. Jika lancar, pengoperasian dimulai April.

Double track diyakini bakal membawa dampak besar bagi perekonomian Indonesia dan wilayah sepanjang pantai utara (pantura) Jawa. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi, dalam satu tahun, ada satu juta kontainer yang akan berpindah moda angkut dari truk ke kereta api.  Artinya, satu juta lintasan truk yang selama ini pulang pergi (PP) Jakarta-Surabaya akan bisa dihilangkan.

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan, meski belum selesai sepenuhnya, pemerintah akan tetap memulai uji coba jalur ganda pada Maret mendatang. “Kita harapkan lancar sehingga April (2014) bisa mulai beroperasi," ujarnya setelah rapat di Kantor Kemenko Perekonomian, Rabu (26/2).

Telah diketahui bahwa jalur ganda kereta api tersebut akan membentang di sepanjang pantura. Itu mencakup Jakarta-Cirebon-Semarang-Bojonegoro-Surabaya. Total panjang jalur ganda mencapai 727 kilometer (km).

Sejak April 2013, sudah 291 km jalur ganda yang selesai dan sudah dimanfaatkan PT Kereta Api Indonesia (KAI), yakni jalur Jakarta-Bekasi-Cirebon dan Brebes-Tegal-Pekalongan. Hingga akhir Januari lalu, ada tambahan jalur ganda 193,5 kilometer yang sudah selesai dibangun dan akan segera diuji coba.

Djoko mengakui, hingga saat ini, pemerintah masih harus menghadapi permasalahan pembebasan lahan di beberapa ruas. Misalnya, tepi barat Bengawan Solo, kawasan Stasiun Pucuk, lahan antara Stasiun Tandes dan Pasar Turi Surabaya, serta tanah milik warga di empat kelurahan di wilayah Kota Semarang. “Kita usahakan (pembebasan lahan) ini bisa selesai secepatnya,” katanya.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menambahkan, proses uji coba operasi jalur ganda pada Maret nanti merupakan tahap krusial. Sebab, PT KAI akan melakukan manajemen arus lalu lintas yang baru, termasuk switch over atau pengalihan kereta Jakarta-Surabaya pada jalur-jalur tertentu. “Karena itu, mungkin akan ada beberapa keterlambatan kereta. Jadi, kami sebelumnya mohon pengertian masyarakat,” ucapnya.

Bambang menyebut selain lalu lintas penumpang, jalur rel ganda di pantura juga akan berperan signifikan dalam meningkatkan efisiensi lalu lintas barang. Kalkulasi Kementerian Perhubungan menunjukkan, dalam satu tahun, akan ada satu juta kontainer yang akan berpindah moda dari truk ke kereta api. “Artinya, akan ada satu juta truk (yang selama ini mondar-mandir Jakarta-Surabaya PP setiap tahun di jalur pantura, red) akan hilang,” ujarnya.

JAKARTA - Proyek besar jalur ganda (double track) kereta api (KA) Jakarta-Surabaya kian mendekati tahap akhir. Direncanakan, Maret bulan depan, PT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News