Cegah Penyadapan, Tifatul Bakal Bentuk Tim Pengawas Operator

Cegah Penyadapan, Tifatul Bakal Bentuk Tim Pengawas Operator
Cegah Penyadapan, Tifatul Bakal Bentuk Tim Pengawas Operator

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah perusahaan provider jasa telekomunikasi Indonesia terindikasi ikut terlibat dalam operasi intelijen yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Australia. Indikasi ini berdasarkan sejumlah dokumen rahasia yang dibocorkan oleh mantan agen intelijen AS, Edward Snowden.

Terkait masalah ini, Menteri Telekomunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring menggulirkan wacana pembentukan tim pengawas penyadapan. Tim ini, lanjutnya, bertugas mengawasi seluruh operator telekomunikasi di Indonesia.

"Saya akan bentuk Timwas aja untuk penyadapan ya," kata Tifatul kepada wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (27/2).

Tifatul enggan menjelaskan lebih lanjut tentang kewenangan Timwas penyadapan. Ia baru mau mengungkapkan jika tim tersebut sudah benar-benar terealisasi.

Sementara mengenai informasi yang dibocorkan Snowden, kementerian pimpinan Tifatul masih menunggu sikap resmi pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri. Oleh karenanya, menteri asal PKS itu belum berencana memanggil kedua perusahaan yang disebut dalam dokumen rahasia bocoran Snowden.

"Perlu dilihat dulu seperti apa masalahnya, kan tidak setiap ucapan Snowden terus kita reaktif gitu," tandas Tifatul. (dil/jpnn)


JAKARTA - Sejumlah perusahaan provider jasa telekomunikasi Indonesia terindikasi ikut terlibat dalam operasi intelijen yang dilakukan oleh Amerika


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News