Astronom Temukan 715 Planet Baru

Astronom Temukan 715 Planet Baru
Planet Bumi. Getty Images

jpnn.com - PASADENA - Para ilmuwan menemukan 715 planet ekstrasolar baru ke daftar planet yang selama ini dikenal di luar tata surya. Dengan tambahan ini jumlah keseluruhan planet yang telah dideteksi kini berjumlah 1.700 buah.

Tambahan terakhir yang ditemukan astronom termasuk empat planet berukuran sekitar dua setengah kali lebih besar Bumi. Planet itu juga memiliki jarak yang mendukung bagi keberadaan cairan dan menjadi kunci kehidupan karena memiliki jarak yang tepat dari bintang induknya.

Perburuan planet ekstrasolar oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) menggunakan teleskop Kepler sebelum akhirnya nonaktif karena masalah teknis tahun lalu. Teleskop yang diluncurkan pada 2009, menghabiskan waktu empat tahun berkelana dan berburu obyek di 160 ribu bintang yang menjadi target.

Kepler sendiri sejauh ini telah mengkonfirmasi sekitar 961 planet baru. Sehingga jika dikombinasikan dengan temuan teleskop lain, jumlah planet di luar tata surya atau eksoplanet sebanyak 1.700 buah.

"Temuan terakhir ini hampir dua kali lipat dari jumlah planet yang dikenal umat manusia selama ini," ujar astronom Douglas Hudgins, kepala Eksplorasi Planet di kantor pusat NASA, Washington kepada Guardian, Kamis (27/2).

Ledakan populasi planet yang berhasil diungkap karena teknik verifikasi baru yang menganalisis planet potensial dalam batch daripada satu persatu. Metode ini dikembangkan setelah para ilmuwan menyadari bahwa sebagian besar planet-planet, seperti di tata surya, memiliki saudara yang mengorbit bintang induk yang sama.

Planet-planet yang baru ditemukan memperkuat bukti bahwa planet kecil, yakni memiliki ukuran dua sampai tiga kali ukuran Bumi merupakan planet umum yang ada di seluruh galaksi.

"Itulah mengapa kita memiliki keyakinan bahwa akan ada planet seperti Bumi di tempat lain," kata astronom Sara Seager, dari Massachusetts Institute of Technology.

PASADENA - Para ilmuwan menemukan 715 planet ekstrasolar baru ke daftar planet yang selama ini dikenal di luar tata surya. Dengan tambahan ini jumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News