Tiongkok Tuding Sparatis Xinjiang Pelaku Pembantaian di Stasiun

Tiongkok Tuding Sparatis Xinjiang Pelaku Pembantaian di Stasiun
Para korban yang berjatuhan saat peristwa penyerangan di stasiun Kumning, Yunnan, Tiongkok. FOTO: ist

jpnn.com - YUNNAN - Pemerintah Tiongkok mengutuk pembantaian puluhan orang di Stasiun Kumning, Yunnan Tiongkok Sabtu (1/3) malam. Bahkan pejabat pemerintah setempat menuding pelaku pembunuhan sekitar 33 orang itu adalah kelompok sparatis Xinjiang. 

"Kejadian ini sudah diorganisir, disiapkan sebagai teror yang keji," kata seorang pejabat setempat seperti dilansir BBC. 

Kini pihak kepolisian tengah terus mendalami peristiwa yang menewaskan para pengguna jasa kereta di sana. Ya, para korban tewas memang ditemukan di berbagai tempat. Misalnya di loket, ruang tunggu, area halaman stasiun dan lainnya. 

Menurut kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua, saat kejadian berlangsung, polisi berhasil menembak mati empat pelaku yang melakukan pembantaian dengan pisau dan pedang. Sayangnya polisi setempat belum secara resmi menjelaskan penembakan tersebut. 

Seperti diketahui, Sabtu malam sekitar pukul 21.00, sekitar sepuluh orang lengkap dengan senjata tajam, tiba-tiba menyerbu stasiun.

Tanpa ba bi bu  mereka menusuk, menebas dan membunuh orang-orang yang ada di stasiun. Akibatnya sekitar 33 orang tewas. Sedangkan 130 orang lebih yang lain dikabarkan mengalami luka serius dan dirawat di rumah sakit setempat.

Penduduk minoritas di Xinjiang adalah umat Muslim di Uighur yang menuntut hak otomoni dari penguasa. Dia juga menuntut agar tidak didiskriminasi atas agama yang mereka anut.  (mas/BBC/dailymail)

Berita Selanjutnya:
Evakuasi Seluruh Kota

YUNNAN - Pemerintah Tiongkok mengutuk pembantaian puluhan orang di Stasiun Kumning, Yunnan Tiongkok Sabtu (1/3) malam. Bahkan pejabat pemerintah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News