Matahari Dilingkari Pelangi di Langit Kota Palu

Matahari Dilingkari Pelangi di Langit Kota Palu
Matahari dilingkari pelangi. Ilustrasi

jpnn.com - PALU - Masyarakat Kota Palu Sulawesi Tengah, Minggu (2/3) kemarin, sekira pukul 12.00 Wita digegerkan dengan fenomena alam munculnya pelangi yang mengitari matahari. Pemandangan unik ini berlangsung hingga pukul 15.00 Wita dan menjadi tontonan menarik warga untuk mengabadikannya.

Pantauan Radar Sulteng (JPNN Grup), sejak pagi hari pandangan terhadap matahari tetap seperti sedia kala. Namun, sekitar pukul 12.00 Wita, secara mengejutkan muncul pelangi yang mengitari matahari membentuk cincin.

Di berbagai sudut kota masyarakat menggunakan handphone kamera, kamera digital bahkan ada yang menggunakan video mengabadikan kejadian langka ini.

Posisi pelangi mengitari matahari ini bertahan hingga pukul 15.00 Wita di mana perlahan-lahan memudar. Warga pun mulai berspekulasi bahwa ini merupakan tanda-tanda alam yang tidak setuju dengan semua peristiwa di dunia.
 
Fandi, salah seorang warga yang tinggal di jalan Basuki Rahmat, mengaku terkejut dengan fenomena tersebut, menurutnya baru kali ini dia menyaksikan fenomena tersebut. "Ini sangat unik dan jarang terjadi, mudah-mudahan ini bukanlah pertanda buruk,” katanya.

Informasinya Dalam situs wikipedia, fenomena ini kerap telihat di saat peralihan iklim, yang menandakan mendekati musim panas atau kemarau panjang.

Peristiwa matahari bercincin adalah merupakan hal biasa, sinar cincin yang mengelilingi matahari disebabkan efek pembiasan cahaya matahari akibat menabrak kristal es yang terkandung dalam awan cirrus. Peristiwa seperti itu biasa disebut efek halo.

Efek halo juga dikenal sebagai nimbus, icebow atau gloriole adalah fenomena optik yang dihasilkan oleh kristal es yang membuat busur berwarna putih dan bintik-bintik di langit.

Fenomena halo juga dapat terbentuk di sekitar lampu buatan di cuaca sangat dingin ketika kristal es yang disebut debu berlian, mengambang di udara di dekatnya.

PALU - Masyarakat Kota Palu Sulawesi Tengah, Minggu (2/3) kemarin, sekira pukul 12.00 Wita digegerkan dengan fenomena alam munculnya pelangi yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News